Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

7 Tips Memilih Cumi-cumi Segar dan Enak

7 Tips Memilih Cumi-cumi atau Sotong Segar dan Enak

SantriGoogle.com – Cumi-cumi adalah salah satu jenis seafood yang digemari oleh banyak orang. Cumi terkenal dengan makanan yang lezat dan juga bergizi. Nah, untuk menghasilkan makanan yang enak dan bergizi kita perlu tahu cara untuk memilih cumi segar yang layak untuk diolah. Dan untuk memasaknya pun kita perlu bahan-bahan yang masih segar. Karena saat ini banyak bahan makanan dari laut yang dalam keadaan sangat mudah kehilangan kesegarannya, salah satunya adalah cumi. Berikut 7 Tips memilih cumi-cumi atau sotong yang bisa anda coba :

  1. Pastikan Aroma Cumi Tidak Amis dan Warna Matanya Bening

Sebaiknya ketika memilih cumi, cium aroma cumi tersebut.Pilihlah cumi yang masih berbau tetapi berbau amis yang segar dan masih berbau khas laut,dan tidak berbau menyengat.Cumi yang masih segar tidak akan berbau amis.Bisa kita lihat dari matanya,cumi yang masih segar matanya berwarna putih bening.

  1. Perhatikan Warna Cumi yang Segar

Pilih cumi yang kulitnya masih berwarna putih kemerahan dan terdapat bercak kecoklatan.Hindari memilih cumi yang sudah berubah warna menjadi keunguan.Cumi yang sudah berubah warna bukanlah lagi cumi segar, dan kualitas yang kurang bagus. Ini merupakan tips memilih cumi atau sotong segar tanpa perlu mencium aromanya.

  1. Pilihlah Cumi atau Sotong dengan Suhu Dingin

Cumi yang masih segar ketika dipasar cumi tersebut masih dalam keadaan dingin,biasanya ketika di pasaran disertai dengan es batu dan dalam keadaan minimal suhu 4°Celcius. Penggunaan balok es ini membuat kesegaran cumi – cumi tetap terjaga.

  1. Memilih Cumi atau Sotong yang Tidak Cacat Fisik

Jangan memilih cumi yang kulit arinya sudah robek atau rusak,karena cumi tersebut sudah tidak lagi segar.Cumi yang masih segar kulitnya masih utuh alias tidak robek. Cumi rusak biasanya cepat mengalami pembusukan.

  1. Perhatikan Ciri – Ciri Cumi Segar

Selanjutnya pilih cumi dari penampilannya,cumi yang masih baik,badannya masih tergabung dengan kepalanya,dan cumi tersebut masih mempunyai tekstur yang sekel,janganlah memilih cumi yang berlendir dan jangan memilih cumi yang mempunyai badan dan kepalanya terpisah,karena cumi tersebut bukanlah lagi cumi segar.

  1. Pilihlah Cumi yang Masih Utuh

Tentakel atau kaki kepala cumi juga masih lengkap.Pastikan pada sel pigmen pada epidermis cumi tidak pecah,ketika sel pigmennya sudah pecah seluruh badan cumi berubah warna menjadi merah.

  1. Bersihkan Cumi Sebelum Menyimpan atau Memasaknya

Apabila anda sudah menemukan cumi yang akan anda masak,sebaiknya bersihkan cumi tersebut.Apabila cumi tidak langsung dimasak,sebaiknya simpan cumi didalam kulkas,waktu penyimpanan cumi maksimal bertahan 2 hari.Agar cumi lebih bertahan lama,anda bisa menyimpannya di bawah suhu 18° Celcius,dan cara ini dapat membuat cumi lebih bertahan lama sekitar sampai 2 bulan. Namun akan lebih baik kalau anda cumi segar atau sotong segera anda olah ketika masih fresh.

Avatar
Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *