Murid Google Berpartipasi dalam dunia tekno perlu akan ilmu dan pengentahuan yang luar, masih tetap dan trus belajar untuk hasil yang maksimal

10 Aplikasi Pinjaman Uang Online Yang Terpercaya Dan Terdaftar Dalam OJK

5 min read

10 Aplikasi Pinjaman Uang Online Yang Terpercaya Dan Terdaftar Dalam OJK

Pinjaman uang secara online saat ini sedang menjadi tren. Di saat memiliki kebutuhan yang mendesak, konsumen dapat melakukan pinjaman uang secara online dengan waktu pencairan dana yang lumayan cepat. Di Indonesia sendiri beberapa platform telah banyak menyediakan aplikasi pinjaman uang online. Dengan basic aplikasi peer to peer memudahkan konsumen dalam bertransaksi.

Namun dengan segala kemudahannya tentu saja konsumen harus teliti dalam memilih aplikasi pinjaman uang online. Menurut Otoritas Jasa Keuangan terhitung hingga saat ini telah ada sekitar 900an fintech Peer To Peer yang masuk ke daftar hitam. Itu artinya konsumen harus benar-benar teliti dalam melakukan pinjaman.

Dalam keadaan mendesak pinjaman dana yang cepat sangat dibutuhkan oleh nasabah. Untuk itu pinjaman uang online akan sangat memudahkan nasabah. Otoritas Jasa Keuangan setidaknya telah menetapkan beberapa fintech yang dinyatakan legal seperti berikut ini :

10 Aplikasi Pinjaman Uang Online Yang Terpercaya, OJK

1. Dana Tunai Tokopedia

Selain belanja online, Tokopedia menyediakan jasa pinjaman online. Dana yang diajukan harus melewati aplikasi Tokopedia. Jadi nasabah harus menginstal aplikasi Tokopedia. Dana Tunai Tokopedia akan memproses peminjaman dalam hari kerja saja.

Dana akan cair selambat-lambatnya dua hari semenjak pengajuan dana. Ketentuan dana di Tokopedia adalah jumlah pinjaman hingga 1,2 juta dan minimum pinjaman sebesar 500 ribu. Nasabah dapat memilih lama peminjaman dari minimum 14 hari hingga 21 hari. Bunga hanya 1 persen per harinya. Kredit diputuskan dalam waktu 24 jam.

Untuk melakukan pinjaman, langkah awal yang harus dilakukan adalah masuk aplikasi tokopedia. Setelah itu cari tulisan dengan kategori keuangan. Lalu pilih Dana Instan.

2. Uang Teman

Merupakan aplikasi pinjaman online yang telah terdaftar di OJK dan memiliki ijin sebagai P2P platform. Hadir sejak April 2015, Uang Teman menyediakan kemudahan dengan tenor maksimum peminjaman selama 30 hari. Dengan pinjaman minimum sebesar 1 juta dan maksimum 3 juta serta bunga hanya 1 persen per harinya menjadikan Uang Teman sebagai favorit.

Dengan kepopulerannya, iklan Uang Teman kerap kita jumpai sebagai pinjaman online tanpa jaminan Nasabah tidak diminta jaminan apapun saat melakukan peminjaman. Sebagai pelopor aplikasi pinjaman uang online, tentunya nasabah sudah tak asing lagi.

3. TunaiKita

Dengan mengunduh Aplikasi TunaiKita nasabah akan dapat melakukan peminjaman tanpa jaminan. Bergerak di bidang P2P, TunaiKita telah mendapat legalitas dari OJK. Sebelum melakukan peminjaman nasabah diharuskan mengisi informasi data diri.

Pencairan dana maksimum selama 24 jam. Perlu diketahui bahwa melalui TunaiKita, nasabah tidak memerlukan jaminan. Hanya tinggal menginstal aplikasi, kemudian isi form yang ada. Nasabah harus menunggu proses verifikasi data selesai baru dana akan cair.

4. RupiahPlus

Dengan minimum pinjaman 600 ribu dan maksimum pinjaman sebesar 1,5 juta, RupiahPlus menyediakan jasa peminjaman dengan ketentuan nasabah berusia 18 tahun ke atas. Nasabah akan dimintai scan KTP sebagai jaminan. Nasabah juga dapat memilih masa pinjam dengan minimum masa pinjam 7 hari dan maksimum masa pinjam yang diberikan selama 14 hari.

Bunga yang harus dibayar sebesar 1 persen tiap harinya. Sama seperti aplikasi pinjaman online lainnya, nasabah tidak perlu melakukan tandatangan atau apapun. Hanya tinggal mengisikan form data diri dan scan foto ktp, dana pinjaman pun akan cair segera.

5. TunaiKu

Selanjutnya ada TunaiKu. Namun kekurangan dari TunaiKu adalah area peminjam hanya terbatas di area tertentu. Jabodetabek, Surabaya, Sidoarjo dan Gresik menjadi area dimana hanya nasabah yang berada di area tersebut yang dapat melakukan peminjaman. Kelebihan dari TunaiKu adalah waktu cicilan yang mencapai 20 bulan. Nasabah harus memiliki gaji tetap dan berusia minimal 21 tahun.

6. Julo

Julo adalah salah satu aplikasi pinjaman uang online tanpa agunan. Selain itu fintech Julo juga secara resmi telah beroperasi dibawah pengawasan OJK. Julo hanya memberikan pinjaman dana untuk pribadi dan bukan untuk perusahaan atau komoditas dengan maksimum dana pinjam sebesar 8 juta. Dengan suku bunga hanya 0,33 persen per harinya dan masa cicilan mencapai 6 bulan.

Syaratnya nasabah harus melakukan instalasi aplikasi Julo terlebih dulu. Setelah itu mengisi semua form yang harus diisikan. Julo akan melakukan pinjaman dana dengan transfer ke rekening nasabah jika data nasabah telah valid.

7. DanaRupiah

Online selama 24 jam DanaRupiah menawarkan pinjaman untuk pribadi. Dengan batas pinjam sebesar 2 juta, nasabah harus mengisi data pribadi hingga informasi bank untuk proses transfer. Keunggulan dari DanaRupiah adalah proses pengajuan yang lumayan cepat serta kemudahan yang diberikan. Dalam hitungan menit, jika data nasabah telah valid, maka dana pinjaman akan segera ditransfer.

8. DanaBijak

Lalu ada aplikasi DanaBijak, yang memberikan pinjaman online langsung cair. Ketentuannya adalah nasabah harus berada di wilayah Jabodetabek. Domisili nasabah yang dicakup adalah wilayah Bogor, Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Nasabah akan menggunakan KTP sebagai jaminan.

Nasabah setidaknya memiliki penghasilan minimal 2,5 juta per bulannya dibuktikan dengan slip gaji. Usia peminjam DanaBijak harus berkisar antara 21 tahun hingga 55 tahun. Rekening yang didaftarkan pun harus rekening sesuai dengan nama nasabah. Segala pemeberitahuan nantinya akan diberitahukan melalui email ataupun nomor telepon.

9. RupiahCepat

Salah satu P2P yang terdaftar di OJK mulai oktober 2018, RupiahCepat memberikan kemudahan serta kecepatan dalam pengajuan pinjaman online. Maksimum masa pinjam yang diberikan mencapai 365 hari dengan maksimum bunga 24 persen per tahunnya. Limit pinjam yang diberikan adalah 5 juta. Untuk melakukan pinjaman, nasabah harus mendownload aplikasi RupiahCepat melalui Playstore.

Bagi nasabah yang ingin melakukan pengembalian caranya pun cukup mudah. Sebelum melakukan pembayaran, nasabah akan mendapat sms sehari sebelum jatuh tempo sebagai pengingat. Nasabah dapat melakukan pembayaran melalui alfagroup yaitu alfamart dan alfamidi, anjungan tunai mandiri, mobile banking serta internet banking.

Ada kemudahan lain yang diberikan oleh RupiahCepat, yaitu nasabah diperkenankan melakukan pembayaran lebih awal dari masa jatuh tempo. Ada beberapa bank yang bekerjasama dengan RupiahCepat, yaitu BNI< BCA, BRI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, dan Bank Danamon.

10. Indodana

Pinjaman online tunai cepat cair ini merupakan P2P yang terdaftar di OJK terhitung mulai November 2017. Indodana merupakan fintech milik PT. Artha Dana Teknologi sehingga nasabah tidak perlu khawatir soal keamanannya.

Maksimum pinjaman mencapai 8 juta dengan masa cicilan maksimum selama 6 bulan. Dengan suku bunga maksimum sebesar 96 persen. Nasabah akan diminta mengisi data diri dan diwajibkan memiliki NPWP. Serta syarat mutlak yang diperlukan adalah rekening yang dimiliki oleh nasabah harus atas nama pribadi.

Aplikasi pinjaman uang online memang menjadi solusi bagi nasabah yang sedang kesulitan dana. Namun perlu diperhatikan keamanan serta ketilitian dalam memilih fintech  yang menyediakan jasa pinjaman. Hal itu agar para nasabah terhindar dari kasus penipuan. Nasabah harus benar-benar memperhatikan syarat dan kebijakan yang berlaku.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, hingga saat ini masih banyak nasabah yang masih takut melakukan pinjaman secara online. Maraknya kasus penipuan, hingga penyalahgunaan identitas nasabah menjadi alasan utama pinjaman online masih sepi peminat. Namun beberapa aplikasi pinjaman uang online di atas perlu dicoba karena sudah terdaftar pada OJK yang artinya pengelola aplikasi-aplikasi tersebut diyakini tidak melakukan penipuan. 

Murid Google Berpartipasi dalam dunia tekno perlu akan ilmu dan pengentahuan yang luar, masih tetap dan trus belajar untuk hasil yang maksimal