10 Aplikasi Wajib Untuk Influencer Yang Tak Boleh Terlewat

10 Aplikasi Wajib Untuk Influencer Yang Tak Boleh Terlewat

Menjadi seorang influencer bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Seorang influencer dituntut untuk selalu kreatif sehingga menghasilkan ide-ide yang segar. Bagi yang tertarik untuk terjun menjadi seorang influencer harus tahu beberapa aplikasi wajib untuk influencer berikut ini. Aplikasi-aplikasi ini dijamin akan sangat membantu pekerjaan influencer:

Aplikasi Wajib Untuk Influencer

1. Later – Schedule for Instagram

Aplikasi wajib untuk influencer yang pertama adalah Later – Schedule for Instagram. Aplikasi ini akan sangat membantu influencer untuk dapat tetap melakukan unggahan ke akun instagram mereka, tanpa mereka harus selalu berada di depan telepon seluler. Apalagi jadwal influencer biasanya sangat padat, jadi tidak bisa setiap saat melihat gawai.

Seorang influencer dituntut untuk selalu melakukan unggahan pada jam-jam tertentu atau dikenal dengan istilah prime time. Dengan menggunakan aplikasi Later – Schedule for Instagram ini, influencer bisa menggunggah postingannya tepat waktu. Aplikasi ini juga bisa membantu bagi pengguna instagram yang memiliki lebih dari satu akun, sehingga bisa digunakan juga para admin online shop.

2. WhenToGram

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa seorang influencer harus melakukan unggahan postingan pada waktu prime time. Waktu prime time adalah waktu saat follower influencer tersebut sedang aktif membuka Instagram. Oleh karena itu prime time masing-masing influencer berbeda-beda, bergantung followernya. Untuk mengetahui kapan prime time seorang influencer bisa dibantu dengan aplikasi WhenToGram.

Dengan menggunakan aplikasi WhenToGram, seorang influencer akan bisa menentukan kapan prime time yang tepat bagi dirinya. Kalau sudah mengetahui prime time yang tepat, maka langkah berikutnya bisa dengan membuat jadwal unggahan. Mengetahui prime time yang tepat berarti bisa melakukan unggahan saat mayoritas followernya membuka Instagram, sehingga postingan tersebut bisa dilihat oleh banyak orang.

3. VSCO

Aplikasi VSCO ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Instagram. VSCO memang sudah banyak diunduh oleh pengguna Instagram, terutama para influencer. Bahkan bisa dikatakan, VSCO ini salah satu aplikasi wajib untuk para influencer dan pengguna Instagram. Aplikasi VSCO akan membantu influencer dan pengguna Instagram untuk membuat fotonya lebih cantik.

Dalam aplikasi VSCO terdapat beberapa filter yang bisa didapatkan secara gratis. Filter-filter ini dapat langsung disatukan dengan foto yang akan diunggah. Jika ingin semakin banyak pilihan filter, pengguna VSCO bisa membeli akun premium. Dengan menggunakan akun premium, berbagai filter berbayar yang lebih cantik bisa didapatkan.

4. 9Square For Instagram

Pengguna Instagram pasti tidak asing melihat sebuah akun dengan feed yang rapi. Bahkan beberapa influencer bisa membuat postingan berurutan yang rapi hingga membentuk satu kesatuan foto. Bagi yang penasaran, untuk membuat begitu bisa menggunakan aplikasi 9Square For Instagram.

Dengan menggunakan aplikasi 9Square For Instagram, pengguna bisa membagi satu foto menjadi beberapa bagian. Namun, biasanya yang sering digunakan adalah satu foto menjadi 3, 6, dan 9 bagian, sesuai dengan tampilan di feed Instagram. Dengan menggunakan 9Square For Instagram, tampilan feed Instagram pengguna atau influencer jadi terlihat lebih menarik.

5. PicsArt

Salah aplikasi wajib untuk influencer yang bisa membantu memperindah foto adalah dengan menggunakan PicsArt. Aplikasi ini sudah diunduh oleh banyak orang dan pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Instagram. PicsArt memiliki banyak fitur menarik yang bisa membantu para pengguna Instagram terutama para influencer untuk mengeksekusi ide-ide kreatifnya.

Di dalam PicsArt tersedia berbagai fitur untuk membuat sebuah konten, tidak hanya sekadar melakukan edit foto. Para Influencer biasa menggunakannya untuk membuat konten yang rapi sehingga enak dilihat. Aplikasi ini sepintas mirip dengan Adobe Photoshop, tapi dalam versi yang lebih sederhana sehingga mudah untuk dioperasikan.

6. Canva

Canva juga menjadi salah satu aplikasi wajib untuk influencer. Ini dibuktikan dengan banyaknya influencer yang mengunduh dan menggunakan aplikasi ini untuk membuat konten bagi mereka. Aplikasi Canva menyediakan beragam fitur dan template yang bisa digunakan untuk mengeksekusi ide-ide kreatif dalam membuat konten.

Selain bisa di-install ke dalam gawai, Canva juga bisa diakses menggunakan komputer. Para influencer, konten kreator, maupun para pengguna Instagram dapat membuat desain dengan cepat menggunakan Canva. Selain membuat desain untuk keperluan dunia influencer, Canva juga bisa digunakan untuk mendesain hal lain seperti kartu nama, slide presentasi, hingga CV sekalipun.

7. Unfold

Aplikasi ini juga sudah banyak diketahui oleh para pengguna Instagram termasuk para Influencer. Tidak sedikit pengguna Instagram dan Influencer yang menggunakan aplikasi Unfold. Unfold ini sering digunakan untuk mendesain Instagram Story agar terlihat lebih cantik dan menarik. Ada banyak sekali template yang bisa digunakan di dalam Unfold ini.

Sayangnya, beberapa template di Unfold ini terkunci. Pengguna Unfold harus membayar untuk dapat mendapatkan akun premium dan membuka fitur-fitur dan template-template baru yang lebih menarik. Dengan fitur-fitur dari Unfold premium, beragam template menarik bisa didapatkan, sehingga pengguna bisa lebih berkreasi dengan template-template untuk mendapatkan Instagram Story yang cantik.

8. IFTTT

Aplikasi IFTTT memang tidak banyak diketahui oleh banyak orang, termasuk pengguna Instagram. Padahal, aplikasi IFTTT ini sangat berguna bagi pengguna Instagram dan influencer. Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi IFTTT ini adalah pengguna dapat mengunggah satu foto ke dalam beberapa sosial media sekaligus.

Menjadi influencer memang sebaiknya tidak hanya mengandalkan Instagram. Beberapa sosial media lain seperti Facebook dan Twitter juga bisa dimanfaatkan. Cukup dengan menggunakan fitur yang tersedia di IFTTT, pengguna bisa menyambungkan akun Instagramnya ke dalam akun sosial media lain seperti Twitter. Bahkan IFTTT juga bisa dimanfaatkan untuk blog juga.

9. Sprout Social

Sprout Social memang masih jarang didengar oleh banyak orang. Namun, Sprout Social ini sangat bermanfaat di bidang sosial media analytics. Kebutuhan memahami tentang sosial media mutlak dikuasai oleh para influencer. Oleh sebab itu, penggunaan Sprout Social ini menjadi sangat penting bagi para influencer.

Aplikasi yang satu ini sangat bermanfaat untuk melihat dan memelajari performa suatu akun Instagram. Seorang Influencer diharapkan tidak hanya memiliki jumlah followers dan likes yang mentereng tapi juga engagement dan impressions yang tinggi. Dengan menggunakan Sprout Social, semua data-data tersebut bisa ditampilkan.

10. SociaBuzz

Tidak jarang setelah membuat konten yang menarik, merapikan setiap tampilan Instagram, tapi tawaran pekerjaan belum juga datang. Oleh karena itu, aplikasi terakhir yang wajib digunakan untuk para influencer adalah SociaBuzz. Berbeda dengan semua aplikasi sebelumnya, SociaBuzz ini semacam sosial medianya para influencer. Banyak sekali influencer yang bergabung ke dalam SociaBuzz.

SociaBuzz adalah tempat para influencer maupun brand saling mencari. Di sini, influencer dapat memperkenalkan diri dengan mengisi data seperti nama, akun Instagram, hingga nominal uang yang dipatok untuk setiap postingan. Sementara bagi brand, SociaBuzz adalah tempat mencari influencer sesuai kebutuhan dan kemampuan financial.

Menjadi seorang influencer tidak hanya soal jumlah followers dan likes semata. Namun, lebih jauh dari itu, seorang influencer dituntut harus memberikan dampak yang berarti, terutama terhadap penjualan suatu produk. Berbagai aplikasi wajib untuk influencer di atas adalah beberapa contoh bagi yang ingin serius menggeluti karir di bidang ini.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *