Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

Cara Cek IMEI IPhone Mudah dan Cepat

Cara Cek IMEI IPhone Mudah dan Cepat

International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan kode produksi yang membedakan satu perangkat iPhone dengan perangkat yang lainnya. Dengan kata lain, tidak ada satupun perangkat smartphone yang memiliki nomor IMEI yang sama. IMEI ini dapat berfungsi untuk mengetahui apakah perangkat iPhone yang Anda miliki palsu atau asli.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui IMEI iPhone Anda atau ingin mengetahui keaslian gadget yang Anda miliki, Anda bisa mengecek IMEI tersebut. Berikut beberapa cara mudah untuk mengetahui IMEI yang bisa Anda lakukan. Anda bisa melakukan salah satu dari berbagai cara berikut.

Cara Mengecek IMEI iPhone

Saat Anda akan membeli iPhone, ada baiknya Anda melihat dahulu apakah IMEI yang terdepat di body smartphone sama dengan IMEI yang tertera di dus. Penjual juga sering mencatat IMEI untuk garansi iPhone ataupun berbagai merek smartphone lainnya. Berikut cara cek IMEI iPhone yang mudah dan cepat.

Cek di Bodi Bagian Belakang

Cara memeriksa IMEI iPhone yang bisa Anda lakukan tanpa membuka atau menghidupkan iPhone adalah dengan memeriksa bagian belakang iPhone. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari jika terdapat IMEI iPhone di sana. Nah, cukup dengan melihat ke bagian belakang body iPhone, maka Anda bisa menemukan nomor IMEI iPhone Anda di sana.

Melihat di Box iPhone

Di bagian belakang atau bawah box iphobne, Anda juga bisa menemukan IMEI iPhone Anda. Tidak hanya itu, di sana juga ada informasi mengenai model, serial, dan berbagai informasi lainnya mengenai iPhone Anda. Maka, jangan buang dulu box iPhone Anda karena di sana terdapat berbagai informasi penting termasuk IMEI iPhone Anda. Cara cek IMEI iPhone ini termasuk yang paling mudah.

Melalui Menu Settings

Cara lain untuk mengecek IMEI iPhone adalah dengan menggunakan menu settings. Caranya adalah sebagai berikut. Pertama, buka menu settings. Anda harus membuka menu settings atau pengaturan dulu. Kedua, pilih menu general. Setelah masuk ke dalam menu pengaturan di iPhone Anda, maka selanjutnya pilih menu general. Setelah itu, pilih menu about. Nah, di situ Anda bisa melihat secara langsung berapa IMEI iPhone Anda.

Melalui iTunes

Selain dengan mengecek melalui menu settings, cara cek IMEI iPhone lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan iTunes. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama, sambungkan iPhone Anda ke laptop yang sudah ada software iTunes-nya. Jika Anda belum memiliki software tersebut, maka Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Setelah iPhone Anda sudah disambungkan dengan laptop, maka iTunes akan terbuka dengan otomatis. Namun, jika tidak muncul juga, maka Anda bisa membukanya secara manual. Langkah selanjutnya adalah dengan mencari perangkat iPhone dengan mengklik ikon perangkat di bagian atas jendela iTunes.

Apabila iTunes Anda sudah tersambung dengan beberapa perangkat Apple yang lain, maka selanjutnya Anda harus mengklik perangkat iPhone yang ingin Anda perika nomor IMEI-nya. Setelah itu, pilih tab ‘ringkasan’ atau ‘summary’. Cara cek IMEI iPhone selanjutnya adalah dengan mengklik dua kali pada nomor telepon. Maka, nomor IMEI iPhone Anda akan ditampilkan.

Melalui Kode Khusus

Salah satu cara mudah untuk melihat IMEI iPhone selain melalui menu settings adalah dengan menggunakan kode khusus *#06#. Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut. Pertama, buka aplikasi phone Anda seperti saat Anda akan melakukan panggilan telepon. Lalu, tekan *#60# dan tekan tombol ikon call. Setelah itu, nomor IMEI iPhone Anda akan ditampilkan.

Melalui SIM Tray

Cara cek IMEI iPhone yang tak kalah mudah dan cepat adalah melalui SIM tray yang ada di iPhone Anda. Caranya, Anda hanya perlu mengeluarkan SIM tray dari tempatnya. Kemudian, Anda bisa mencari nomor IMEI iPhone Anda. biasanya, iphoe yang asli memiliki nomor IMEI iPhone di bagian belakangnya.

Cek Secara Online

Cara ini sangat cocok untuk Anda terapkan saat Anda ingin mengecek nomor IMEI iPhone Anda namun Anda sedang tidak bisa menggunakan perangkat iPhone Anda entah karena hilang, dicuri, atau berbagai alasan lainnya. Caranya pun hampir sama dengan cara yang sudah disebutkan sebelumnya, yakni dengan menggunakan iTunes.

Hanya saja, dengan cara cek IMEI iPhone kali ini Anda tidak perlu menghubungkan perangkat iPhone Anda menggunakan kabel data karena Anda bisa mengeceknya secara online. Namun, di sini Anda akan membutuhkan akun iCloud yang tertanam pada perangkat iPhone Anda.

Lalu, Anda bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini. Pertama, login ke aplikasi iTunes dengan menggunakan akun iCloud Anda. Lalu, buka menu preferences. Setelah itu, tekan tab devices. Selanjutnya, arahkan kursor pada salah satu daftar back up. Maka, di sana Anda bisa mendapati beragam informasi mengenai perangkat iPhone Anda, termasuk IMEI.

Fungsi IMEI iPhone

Setelah mengetahui berbagai cara cek IMEI iPhone di atas, Anda juga perlu mengetahui apa saja fungsi dari IMEI tersebut. Yang paling umum kita ketahui adalah untuk mengidentifikasi apakah perangkat iPhone yang kita miliki asli atau palsu. Namun, ternyata masih banyak manfaat dari IMEI iPhone yang lain. Berikut ini beberapa fungsi IMEI iPhone yang patut Anda ketahui.

Mengetahui Informasi yang Lengkap Mengenai Spesifikasi Perangkat

Saat Anda membeli iPhone bekas, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu mengenai nomor IMEI iPhone dari perangkat yang akan Anda beli. Dari IMEI iPhone tersebut, Anda bisa memperoleh berbagai informasi yang lengkap mengenai perangkat iPhone yang akan Anda beli, terutama spesifikasinya. Agar yakin, Anda juga bisa melakukan cross check dengan situs resmi Apple.

Mengecek Masa Garansi

Selain bisa mendapatkan informasi lengkap, dengan melakukan cara cek IMEI iPhone dan mengetahui IMEI tersebut juga bisa untuk mengecek masa garansi dari perangkat iPhone Anda. Serial number pada IMEI iPhone bisa digunakan untuk mengecek masa garansi perangkat iPhone Anda. Caranya, Anda bisa mengeceknya melalui situs dukungan resmi AppleCare Coverage.

Mengetahui Nomor Model iPhone dan Negara Asalnya

Sampai sekarang, perangkat iPhone yang dipasarkan di Asia Pasifik umumnya dikenal orang dengan pasar Singapura. Sementara itu, iPhone yang dirilis untuk pasaran Jepang umumnya mempunyai perbedaan fitur dibandingkan dengan iPhone yang terdapat di pasar Singapura. Nah, dengan mengetahui nomor model iPhone, Anda bisa mengetahui informasi ini dengan lebih spesifik. Caranya, Anda bisa mengklik situs www.imei.info untuk mengetahuinya.

Nah, itu dia ulasan mengenai cara cek IMEI iPhone yang mudah dan cepat. Dengan mengecek IMEI iPhone, Anda bisa membedakan antara iPhone asli dan palsu. Banyak sekali iPhone replika atau rekondisi yang tampilannya hampir mirip dengan yang asli. Maka dari itu, agar tidak tertipu, Anda bisa memeriksanya menggunakan IMEI tersebut. Selain itu,  IMEI juga bisa digunakan untuk mengecek garansi iPhone Anda. Selamat mencoba.

Avatar
Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *