5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Keyboard adalah salah satu perangkat laptop yang mudah mengalami error atau kerusakan. Seperti, mulai dari rusaknya tombol yang tidak berfungsi, salah memasukkan karakter, sampai tidak berfungsi seluruhnya. Itu memang keyboard merupakan perangkat yang sering dipakai pada laptop. Jadi, harus benar hati-hati dalam menggunakannya. Nah, pada artikel kali ini akan membahas tentang cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam memperbaikinya agar keyboard kembali normal. Selain itu, perlu juga memerlukan perawatan supaya keyboard tidak cepat rusak. Biasanya, apabila keyboard laptop rusak perlu mengetahui terlebih dulu penyebabnya.

Tetapi, hal yang sering ditemukan yaitu keyboard sering error tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya apa. Sebelum membawanya ke tukang service, ada baiknya jika memperbaiki keyboard dengan sendiri lebih dahulu, Berikut ini adalah cara-caranya :

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak

1. Restart Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop yang pertama adalah dengan merestart laptop. Jika tiba-tiba keyboard tidak berfungsi secara tiba-tiba, itu mungkin disebabkan banyak faktor. Salah satunya bisa karena laptop terlalu panas dan mengakibatkan tombol-tombol keyboard tidak bisa merespon dengan baik.

Dengan merestart laptop merupakan cara yang paling baik untuk mengatasi masalah pada sistem operasi laptop secara langsung. Jika laptop di restart tidak bisa, tekanlah tombol power selama beberapa detik dan tunggu sampai laptop mati dengan sendirinya. Kemudian jika sudah di restart tetapi keyboard masih error, bisa coba cara yang berikutnya.

2. Periksa Num Lock

Ketika keyboard pada laptop tiba-tiba error atau tidak berfungsi dengan normal, bisa juga disebabkan karena aktifnya Num Lock.  Maksudnya adalah masalah ini terjadi karena tidak sengaja memencet tombol kombinasi tertentu secara tidak disengaja. Hal ini, mengakibatkan keyboard akan muncul karakter yang berbeda saat ditekan.

Untuk dapat mengetahuinya apabila keyboard error atau rusak, cobalah perhatikan Num Lock terlebih dahulu. Caranya bisa tekan tombol Fn dan NmLk secara bersamaan pada keyboard laptop.  Ada beberapa jenis laptop lain yang menekan tombol CapasLock dan NumLk untuk menonaktifkan Num Lock.

3. Masalah Driver

Cara memperbaiki keyboard laptop  yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan masalah yang ada pada driver keyboard laptop tersebut. Sebab, biasanya driver ini juga yang menyebabkan keyboard sering error dan tidak berfungsi. Hal ini bisa terjadi karena saat menginstal software pihak ketiga di laptop lalu terkena virus.

Untuk dapat mengetahuinya bukalah Device Manager dan lihatlah pada bagian keyboard. Apabila terdapat tanda segitiga berwarna kuning, maka sudah dipastikan keyboard laptop tersebut mengalami masalah pada Driver.  Cara mengatasinya, dapat mendownload driver terbarunya pada situs resmi jenis laptop tersebut.

4. Bersihkan Kotoran

Salah satu penyebab rusaknya keyboard laptop yang paling sering terjadi yaitu diakibatkan oleh adanya kotoran. Hal tersebut terjadi karena debu-debu dapat terselip di antara tombol-tombol pada keyboard, kemudian menutupi komponen yang ada di dalam laptop. Apabila laptop yang digunakan sudah lama dan tua, maka pastinya semakin banyak juga debu dan kotoran-kotoran.

Namun, hal ini tidak terjadi jika bisa membersihkan sendiri laptop yang dipakai. Untuk cara yang paling mudah yaitu dengan memiringkan atau membalikkan laptop sebanyak 75 derajat, lalu menggoyang-goyangkannya. Agar debu dan kotoran yang ada bisa keluar. Kemudian cara yang lebih baik adalah membersihkan laptop dengan menggunakan vacum cleaner khusus keyboard.

5. Restore Windows

Cara memperbaiki keyboard laptop yang terakhir adalah dengan melakukan restore windows. Apabila keyboard tiba-tiba berhenti setelah melakukan instal software atau aplikasi baru. Maka, hal yang perlu dilakukan yaitu lakukan restore windows pada laptop. Kemungkinan besar dengan melakukannya akan mengatasi masalah pada keyboard. Untuk cara memulihkan sistemnya, dapat dilakukan dengan Klik menu start, lalu klik control panel.

Setelah itu pilih menu system and security dan pilih back up your computer. Kemudian klik recover system settings or your computer. Dan terakhir klik open system restore. Jika sudah selesai melakukan langkah tersebut. Selanjutnya, bisa mengikuti wizard sederhana untuk melakukan restore pada windows. Dan laptop akan reboot dengan sendirinya.

Itulah diatas lima cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Cara-cara tersebut mudah untuk dicoba, apabila keyboard laptop mengalami kerusakan. Selain itu, dengan memperhatikan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas. Maka, dapat juga mencegah keyboard laptop  agar tidak error atau rusak secara tiba-tiba. Semoga informasi berikut dapat bermanfaat.

0
Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please disable your adblock for read our content.
Refresh