5 Cara Mempercepat Jaringan Wifi Yang Ampuh

Cara Mempercepat Jaringan Wifi

Di zaman sekarang internet memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan baik untuk mencari informasi maupun sekedar hiburan. Namun, akan sangat menjengkelkan apabila jaringan wifi yang digunakan memiliki koneksi lambat sehingga akan sangat mengganggu dalam penggunaan wifi. Oleh karena itu pengguna perlu mengetahui cara untuk cara mempercepat jaringan wifi agar wifi dapat digunakan dengan cepat dan stabil.

Terdapat beberapa cara untuk menambah kecepatan atau menstabilkan jaringan wifi baik menggunakan aplikasi maupun tidak menggunakan aplikasi. Yang pasti cara mempercepat jaringan wifi yang akan dibahas tidak membutuhkan biaya, meski begitu cari ini ampuh untuk menstabilkan wifi. Berikut 6 cara mempercepat jaringan wifi:

1. Posisi Antena

Cara ini bisa diterapkan pada router yang memiliki 2 antena, dengan cara ini cukup ampuh untuk menambah kecepatan wifi. Cobalah untuk mengubah posisi antena pada router, seperti menegakkan antena tegak lurus ataupun mengarahkan ke posisi vertikal dan horizontal. Ubahlah sedemikian rupa sampai mendapatkan jaringan wifi yang cepat dan stabil sehingga dapat menggunakan wifi dengan nyaman.

Cara ini terbilang cara yang sangat sederhana, namun memiliki dampak yang luar biasa terhadap kecepatan jaringan wifi router dengan 2 antena. Selain mudah dilakukan, cara ini juga tidak memerlukan biaya sedikit pun untuk melakukannya dan bisa dilakukan dengan cepat. Cara ini sudah cukup populer untuk menambah kecepatan wifi karena memang caranya yang cukup ampuh untuk menstabilkan jaringan wifi.

2. Heatmapping

Cara untuk menstabilkan jaringan wifi yang ampuh selanjutnya adalah menggunakan aplikasi heatmapping yang cukup populer digunakan untuk menstabilkan koneksi wifi. Aplikasi ini dapat menginformasikan jenis cakupan, nirkabil dan lainnya sehingga pengguna dapat menempatkan posisi router dengan tepat untuk menghasilkan koneksi stabil. Aplikasi ini juga bisa didownload dengan mudah serta memiliki ukuran yang relatif ringan sehingga tidak membebani pc atau laptop.

Meski memiliki ukuran yang relatif kecil, namun aplikasi ini sangat bermanfaat untuk bisa menghasilkan jaringan wifi yang cepat dan stabil. Dengan software ini pengguna dapat meminimalisirkan salah penempatan router ke area yang memang memiliki cangkupan sinyal yang kurang. Aplikasi ini sudah sangat populer di kalangan pengguna wifi karena memang keunggulannya yang sangat bermanfaat menambah kecepatan jaringan wifi.

3. Saluran

Cara ini cocok untuk pengguna yang tinggal di tempat atau area yang ramai dan berbagi wifi dengan orang banyak. Dengan memilih saluran dengan tepat akan membantu meminimalisir gangguan dan menstabilkan koneksi wifi di tempat yang ramai dengan pengguna wifi. Pemilihan saluran bisa menggunakan 6, 11 atau lainnya pada 2.4 GHz karena saluran tersebut tidak bertumpang tindih dengan yang lain.

Pemilihan saluran yang tepat dapat dilakukan menggunakan  aplikasi, seperti Wifi Info View untuk pengguna pc dan Wifi Analyzer untuk android. Sedangkan bagi pengguna Mac dapat menggunakan fitur yang sudah ada pada perangkat Mac untuk memilih saluran yang tepat. Cara ini sudah cukup populer untuk menstabilkan koneksi wifi pada router karena memang caranya yang sangat manjur.

4. Lakukan Upgrade Router

Jika router tidak menghasilkan koneksi atau jaringan yang stabil maka upgrade router bisa dilakukan untuk menghasilkan jaringan wifi yang bagus. Jika sudah cukup lama saat pembelian router mungkin cara ini bisa dilakukan agar router menghasilkan koneksi yang cepat dan stabil. Cara untuk mengetahui sudah atau belum waktunya sebuah router diupgrade bisa dilakukan dengan cara menemukan model dan membandingkan spesifikasi.

Cara ini terbilang sangat ampuh untuk menghasilkan koneksi wifi yang cepat dan stabil. Dengan cara mengupgrade router pengguna juga juga bisa menikmati beberapa fitur yang mungkin sebelumnya tidak terdapat pada router. Dengan kelebihan yang didapatkan, mengupgrade router bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan jaringan wifi yang cepat sehingga dalam menggunakan wifi pun akan terasa nyaman.

5. Gunakan 5GHz

Cara untuk mempercepat jaringan wifi yang terakhir adalah beralih ke 5GHz, cara ini sudah sangat populer dan mudah dilakukan. Frekuensi pada router cukup berpengaruh terhadap koneksi yang dihasilkan, frekuensi 2.4GHz dapat terganggu bila terdapat banyak perangkat elektronik di sekitar router. Sehingga untuk meminimalisir hal tersebut disarankan menggunakan frekuensi 5GHz karena frekuensi ini dapat menghasilkan jaringan yang stabil pada sebuah router.

Nah, itu dia 5 cara mempercepat jaringan wifi yang bisa dilakukan dengan mudah. Sebenarnya terdapat banyak cara untuk menstabilkan koneksi wifi, namun cara diatas merupakan cara yang populer dilakukan dan tidak memerlukan biaya.

Avatar