Cara Memperkecil Ukuran PDF Baik Offline Maupun Online Yang Mudah

Cara Memperkecil Ukuran PDF Baik Offline Maupun Online Yang Mudah

Di era digital sekarang ini, melamar pekerjaan sudah sangat mudah, bisa dilakukan dengan hanya mengirim berkas dalam format pdf melalui email. Karena itu, hal penting yang harus diperhatikan adalah ukuran berkas. Seringkali pelamar kerja kesulitan untuk mengirim berkas karena ukuran yang terlalu besar dan tidak tahu cara memperkecil ukuran pdf.

Memperkecil Ukuran Secara Offline

Untuk memperkecil ukuran pdf, dapat dilakukan baik secara online maupun offline. Cara memperkecil ukuran pdf secara offline ini adalah cara yang semua orang bisa, karena tidak membutuhkan bantuan internet. Perangkat lunak yang digunakan juga perangkat bawaan yang biasa digunakan dan ada pada setiap komputer atau laptop. Sehingga tidak perlu melakukan instalasi perangkat tambahan.

1. Buat Berkas Terlebih Dahulu

Sebelum memulai memperkecil, baiknya buatlah dokumen berkas tersebut terlebih dahulu, entah dalam bentuk teks maupun gambar. Buat dengan rapi dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan sebelum disimpan dalam format pdf. Karena saat sudah tersimpan sebagai format pdf, berkas tidak bisa diedit lagi.

2. Pastikan Simpan Dalam Format .docx Sebagai Cadangan

Setelahnya, jangan lupa untuk menyimpan semua berkas yang sudah dibuat. Sangat disarankan format penyimpanannya dalam bentuk asli bawaan (biasanya dalam bentuk .doc atau .docx). Berkas tersebut dapat digunakan sebagai cadangan, apabila setelah proses penyimpanan dalam format pdf masih terdapat kesalahan atau ukuran berkas yang besar.

3. Masuk Ke Menu File Dan Save As

Cara memperkecil ukuran pdf selanjutnya adalah masuk ke dalam menu File dan Save As, sama seperti saat akan menyimpan file seperti biasa. Menu File biasanya ada di bagian pojok kiri bagian atas tampilan layar. Terdapat berbagai menu pilihan di bawahnya, pilih bagian Save As.

4. Beri Nama Berkas

Sebelum dilakukan penyimpanan, pastikan beri nama berkas terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan nama yang mudah diingat atau disesuaikan dengan tujuan berkas tersebut. Hindari penggunaan tanda baca yang tidak perlu. Pemilihan nama ini juga penting agar tidak lupa. Selain itu, pemberian nama yang tepat juga masuk ke dalam penilaian dalam proses melamar kerja.

5. Tentukan Lokasi Penyimpanan

Memilih lokasi penyimpanan tentu akan memudahkan dalam proses pencarian berkas nantinya. Sangat disarankan pula untuk mengelompokkan berkas ke dalam satu folder yang sejenis, agar nantinya mudah saat ingin mencari dan membuka berkas itu kembali. Secara umum, perangkat akan menyimpan berkas ke dalam satu folder dokumen. Namun, akan lebih baik jika disimpan ke dalam folder khusus tersendiri.

6. Pilih Tipe Berkas

Perangkat lunak saat ini sudah disertai dengan kemampuan untuk menyimpan berkas dalam berbagai format, meski secara umum format yang digunakan dalam penyimpanan adalah format dokumen (.doc atau .docx). Terdapat berbagai pilihan tipe dokumen sebetulnya. Tinggal klik saja opsi tipe dokumen, lalu pilih pdf. Nantinya perangkat lunak tersebut dapat secara otomatis menyimpan ke dalam format pdf.

7. Centang Bagian Minimum

Jangan terburu-buru melakukan penyimpanan dalam format pdf, karena dikhawatirkan ukuran berkasnya menjadi besar. Pada bagian ini yang perlu diperhatikan adalah tujuan berkas nantinya untuk apa. Terdapat pilihan Standard untuk keperluan publikasi online dan cetak dan pilihan Minimum Size untuk keperluan publikasi online saja.

Pilihan Standard ini ditujukan untuk keperluan publikasi online dan cetak sehingga nantinya berkas akan memiliki resolusi tinggi, sehingga akan menghasilkan kualitas bagus saat dilakukan proses cetak. Namun, jika untuk keperluan publikasi online termasuk melamar pekerjaan, disarankan menggunakan opsi Minimum Size saja.

8. Perhatikan Tombol Options

Seringkali yang luput dalam memperkecil ukuran pdf adalah karena tidak memperhatikan tombol options yang ada di sebelah kanan. Tombol options ini berisi di antaranya pilihan untuk menyimpan berkas dalam format pdf hanya pada halaman tertentu saja. Hal ini sangat berguna karena saat melamar pekerjaan terkadang tidak semuanya harus dikirimkan.

9. Lakukan Penyimpanan Dan Tunggu Hasil

Jika sudah melakukan pengecekan secara total, langkah selanjutnya adalah menyimpan berkas dan menunggu hasilnya. Secara normal, proses penyimpanan ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk melakukan penyimpanan, klik saja tombol Save yang ada di bagian bawah. Saat proses penyimpanan selesai, berkas dalam format pdf akan otomatis terbuka.

Untuk melakukan pengecekan apakah berkas tersebut sudah sesuai syarat ukuran adalah dengan melihatnya pada folder tempat berkas tersebut disimpan. Ukuran dapat dilihat dengan melakukan klik kanan pada Mouse dan memilih opsi Properties. Di sana akan muncul berbagai informasi terkait berkas tersebut seperti kapan berkas tersebut dibuat dan ukuran berkas.

Memperkecil Ukuran PDF Secara Online

Jika dirasa cara memperkecil ukuran pdf secara offline masih kurang, ada cara tambahan yakni dengan menggunakan bantuan internet. Cara ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan internet yang stabil dan menggunakan peramban atau aplikasi yang memadai, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Safari. Untuk memperkecil ukuran pdf secara online sangat mudah. Langkah-langkahnya juga sederhana, seperti berikut ini :

1. Buka Website Pengecil Ukuran PDF

Tersedia banyak sekali website yang menyediakan fasilitas untuk memperkecil ukuran berkas PDF. Beberapa di antaranya gratis, tapi ada juga yang berbayar. Keduanya tidak buruk, asal pintar dalam memilih website mana yang gratis dengan hasil maksimal. Karena beberapa website akan memberikan hasil dokumen dengan resolusi jelek sehingga tidak dapat terbaca. Bahkan ada juga yang menambahkan watermark.

Pilihlah website yang tidak menambahkan watermark pada hasilnya karena keberadaan watermark pada dokumen akan mengurangi estetika. Selain itu keberadaan watermark juga akan memberikan citra kurang profesional. Pilih juga website yang mampu memberikan hasil maksimal. Dalam hal ini maksudnya adalah resolusi dokumen tetap terjaga, namun ukuran berkas menjadi lebih kecil.

2. Unggah Dokumen

Setelah memilih website yang dirasa tepat, langkah selanjutnya adalah dengan mengunggah dokumen pdf yang berada di komputer ke dalam internet. Tersedia tombol unggah untuk mempermudah proses pengunggahan. Kemudian lokasi tempat dokumen yang akan diunggah dan pilih dokumen yang diunggah. Tunggu hingga dokumen terunggah dengan sempurna.

3. Pilih Kualitas

Beberapa website menawarkan pilihan kepada pengguna untuk memilih kualitas dan ukuran yang diinginkan. Pilihan-pilihan tersebut nantinya akan memengaruhi hasil dan kecepatan proses. Namun jika bingung, ikuti saja sesuai dengan arahan yang tertulis pada website tersebut. Biasanya, website sudah memberikan saran terbaik sehingga hasil yang didapat memiliki resolusi baik, ukuran yang cukup kecil, dan tentu saja proses yang cepat.

4. Lakukan Proses Pengecilan Ukuran PDF Dan Tunggu Hasilnya

Setelah proses pemilihan kualitas, langkah berikutnya adalah dengan melakukan proses pengecilan PDF. Klik saja tombol kompres yang ada pada website dan tunggu beberapa saat bergantung pada kecepatan internet dan ukuran berkas asli. Biasanya proses ini memakan waktu kurang dari lima menit, tapi bisa saja lebih lama karena ukuran berkas aslinya yang besar.

5. Unduh Dokumen Yang Sudah Diperkecil

Langkah terakhir dalam cara memperkecil ukuran PDF adalah dengan mengunduh dokumen. Proses mengunduh dokumen juga membutuhkan internet yang stabil dan kencang. Pastikan juga sudah memilih lokasi yang tepat untuk menempatkan dokumen hasil unduhan tersebut agar tidak perlu mencari lagi.

Cara memperkecil ukuran pdf baik secara offline maupun online memang sangat mudah. Namun, tetap perlu memastikan langkah-langkah agar tidak terlewat. Karena sayang sekali kalau lamaran pekerjaan ditolak hanya karena berkas dokumen yang diunggah terlalu besar. Padahal sudah tersedia berbagai cara untuk memperkecil ukuran pdf.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *