Cara Mencari HP Xiaomi Yang Hilang

Inilah Cara Mencari HP Xiaomi Yang Hilang

Posted on

HP Xiaomi kini sedang naik daun. Harganya yang murah, juga kualitasnya yang bagus membuat merek asal china ini digemari banyak kalangan. Ternyata, HP xiaomi juga menyediakan fitur khusus untuk mencari HP Xiaomi yang hilang. Maka dari itu, pengguna xiaomi tidak perlu khawatir apabila HP Xiaomi hilang. Berikut adalah cara mencari HP xiaomi yang hilang untuk para pengguna Xiaomi .

Cara Mencari HP Xiaomi Yang Hilang Dengan Find My Device

Fitur find my device merupakan fitur yang disematkan oleh Xiaomi untuk melacak ponsel xiaomi yang hilang. “Find my device” terdapat pada ponsel varian Redmi Series, Mi Series sampai Pocophone. Berikut ini adalah cara menggunakannya:

1. Memiliki Akun Mi

Hal yang harus dilakukan untuk mengakses fitur “find my device” adalah membuat akun Mi. Dengan memiliki akun mi, pengguna xiaomi akan mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya dapat memback-up foto, video, dan informasi kontak di mi cloud, menjaga keamanan perangkat dan mengakses fitur lainnya. Untuk membuat akun mi, buka menu setting. Lalu klik pilihan mi account. Klik pada pilihan “create an account” untuk membuat akun Mi.

Untuk membuat akun Mi, pengguna Xiaomi bisa memilih menggunakan nomor ponsel atau pun email. Setelah itu, isilah email atau nomor telepon yang masih aktif serta password yang mudah diingat. Tunggu sampai ada email verifikasi atau kode verifikasi via telepon.

Apabila melalui email, klik link pada email verifikasi untuk memverifikasi akun. Apabila menggunakan nomor telepon, masukkan kode verifikasi akun pada kolom yang tersedia. Setelah terverifikasi, barulah pengguna xiaomi dapat login dan mengakses semua fitur xiaomi.

2. Aktifkan Fitur Find My Device

Setelah login, aktifkan fitur find my device. Caranya adalah, buka menu settings, lalu pilih menu akun mi. Klik pada pilihan “mi cloud”. Disana akan ada pilihan “cari perangkat”, cadangan layar utama, dan lain-lain. Pastikan fitur “cari perangkat” tersebut berada dalam keadaan hidup. Apabila belum aktif, tinggal klik pada icon cari perangkat tersebut dan klik hidupkan cari perangkat.

3. Menggunakan Fitur Find My Device

Apabila hp Xiaomi hilang, bukalah situs i.mi.com untuk mencari, mengunci atau menghapus perangkat xiaomi tersebut. Setelah dibuka, klik pada pilihan “find device”. Nantinya situs tersebut akan memunculkan perangkat xiaomi yang memakai akun mi tersebut.

Klik pada perangkat yang ingin dicari.  Setelah itu, akan muncul pilihan “locate”, “Sound”, “lost mode”, dan “erase data”. Fitur locate dan sound sangat berguna apabila smartphone xiaomi hanya hilang karena lupa dimana meletakkannya.

Fitur “locate” akan memberi tahu dimana hp xiaomi berada. Sementara fitur sound akan membunyikan perangkat meskipun dalam perangkat dalam keadaan “silent”. Untuk hp xiaomi yang hilang karena dicuri, fitur “lost mode” dan “erase data” dapat menjadi pilhan yang tepat.

Cara Mencari HP Xiaomi Yang Hilang Dengan Akun Google

Selain menggunakan fitur yang sudah ada pada xiaomi, hp hilang juga bisa dilacak dengan akun google. Cara ini dapat digunakan apabila tidak mengaktifkan akun mi pada ponsel Xiaomi. Cara mencari HP Xiaomi yang hilang dengan akun google ini terbilang cukup mudah. Syaratnya, perangkat tersebut harus terhubung ke akun google dan dalam kondisi menyala. Selain itu, perangkat Xiaomi tersebut harus terhubung dengan internet atau wifi. Aktifkan “lokasi” serta aplikasi “temukan perangkat saya”.

1. Mengaktifkan Fitur Temukan Perangkat saya

Untuk mengaktifkan fitur “temukan perangkat saya”, buka menu “setelan”. Pilih keamanan dan lokasi, atau buka setting Google- keamanan. Setelah itu, pilihlah menu “temukan perangkat saya”. Klik pilihan aktifkan “cari perangkat dari jarak jauh” serta “izinkan mengunci perangkat dari jarak jauh”.

2. Mengaktifkan Fitur Lokasi

Untuk dapat mencari perangkat xiaomi yang hilang, tentunya fitur lokasi harus diaktifkan. Caranya, buka “setelan”. Pilih menu “keamanan dan Lokasi”. Setelah itu, klik aktifkan lokasi.

3. Mencari Perangkat Xiaomi

Cara mencari HP xiaomi yang hilang dengan akun google yaitu, buka situs https://android.com/find. Setelah itu, login dengan akun google yang terhubung dengan Xiaomi yang hilang.  Setelah dibuka, akan muncul perangkat apa saja yang aktif digunakan oleh akun google tersebut.

Pilih perangkat yang akan dicari. Seperti pada fitur “find my device” xiaomi, fitur-fitur pada google ini hampir sama. Tersedia fitur play sound, erase device, dan secure device,. Selain itu, terdapat informasi penting lainnya terkait perangkat xiaomi tersebut seperti kapan perangkat terakhir dilihat dan nomor IMEI.

Berikut adalah cara mencari HP xiaomi yang hilang, baik dengan akun MI ataupun akun google. Semoga dapat membantu pengguna xiaomi yang sedang kehilangan HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *