Murid Google Berpartipasi dalam dunia tekno perlu akan ilmu dan pengentahuan yang luar, masih tetap dan trus belajar untuk hasil yang maksimal

Panduan Cara Mengecek Kecepatan Internet HP, Laptop Dan PC

Panduan Cara Mengecek Kecepatan Internet HP, Laptop Dan PC

Salah satu yang sangat mempengaruhi kenyamanan menggunakan internet adalah kecepatannya. Internet merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan modern seperti sekarang ini. Hampir setiap kegiatan melibatkan internet mulai dari bekerja, bersosialisasi, mencari berita, hiburan, bahkan mencari jodoh. Tak heran pula terkadang orang ingin tahu cara mengecek kecepatan Internet yang ia pakai.

Mengecek kecepatan internet perlu mengetahui beberapa hal, antara lain menggunakan alat apa, bagaimana langkah-langkahnya dan bagaimana cara membacanya. Selain itu selalu ada pertanyaan mengenai bagaimana mengecek kecepatan internet di PC, Laptop atau HP.

Situs Cara Untuk Mengecek Kecepatan Internet Laptop dan PC

Cara mengecek kecepatan internet untuk laptop dan PC sama saja. Mengeceknya hanya membutuhkan sambungan internet itu sendiri dan berkunjung di situs-situs yang menyediakan fasilitas pengecekan kecepatan internet. Cukup banyak situs yang menyediakannya, seperti.

1. Google Internet Speed Test

Google telah bekerjasama dengan Measurement Lab atau disingkat M-Lab untuk menyediakan fasilitas pengecekan kecepatan Internet ini. Langkah yang dilakukan untuk melakukannya sangat mudah, yakni sebagai berikut:

  • Buka Halaman google
  • Telusuri kata kunci “speed test” atau “mengecek kecepatan internet” atau “cara mengecek kecepatan internet”
  • Akan muncul di paling atas “Uji kecepatan internet” yang mana di sana ada tombol “jalankan uji kecepatan” atau dalam bahasa Inggris “run speed test”
  • Klik tombol “jalankan uji kecepatan”
  • Layar akan menampilkan proses pengecekan tersebut.
  • Setelah kira-kira 30 detik akan muncul hasilnya yang terdiri dari kecepatan download, kecepatan upload, Latensi , server tempat pengecekan serta status keepatan dan penjelasan sekilas.

2. Fast.com

Selain google ada situs yang menyediakan uji kecepatan internet adalah Fast.com. Situs ini dipersembahkan oleh Netflix. Wajar karena streaming film biasanya membutuuhkan koneksi yang kuat.

Saat kita masuk ke halaman Fast.com, pengujian kecepatan otomatis langsung menyala. Hanya tinggal menghitung perhitungan selesai akan mendapatkan angka-angka yang mencerminkan kecepatan internet. Untuk mengetahui detailnya kita tinggal klik tombol lihat detail.

Istilah-istilah yang muncul tidak jauh beda seperti kecepatan upload, latensi. Dalam Fast.com kecepatan download menjadi angka yang paling besar, dengan istilah hanya “kecepatan internetmu”

3. Speedtest.co.id

Situs lain yang juga menyediakan pengecekan kecepatan internet adalah speedtest.net. Situs ini selain memberikan keterangan kecepatan download dan kecepatan upload juga memberi pengukuran pada Ping dan Jitter.

Cara mengecek kecepatan internet di Speedtest langkah-langkahnya:

  • Masuk ke situs co.id
  • Setelah itu akan muncul tampilan putih dengan gambar meteran-meteran seperti spedometer di mobil yang isinya kecepatan download, upload, Ping dan Jitter
  • Ada tombol mulai, klik tombol tersebut
  • Tunggu beberapa detik, antara 30-1 menit
  • Angka-angka menunjukan kecepatan dan tingkat responsif komputer akan muncul di sana.

Situs-situs lain yang menyediakan aplikasi untuk cek kecepatan internet antara lain seperti meter.net, speedcheck.org, speedtest.cbn.net.id, dan masih banyak situs-situs lainnya.

Cara Mengecek Kecepatan Internet HP

Sebenarnya untuk kecepatan internet di HP smartphone juga bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti saat mengecek PC ataupun laptop. Hanya saja bila ingin lebih praktis di Play Store tersedia beberapa aplikasi yang menyediakan fasilitas ini.

Enaknya saat menggunakan aplikasi yang sudah didownload tersebut adalah tidak perlu susah-susah masuk browser mengetik di search engine lagi. Hanya tinggal menekan aplikasi itu setiap kali ingin melakukan cek kecepatan internet.

Beberapa aplikasi di Play Store yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan internet antara lain seperti

  • Speedtest.net yang dikembangkan oleh ookla;
  • Meteor: Uji Kecepatan Aplikasi yang dikembangkan oleh com;
  • Internet Speed Test yang dikembangkan V-SPEED.eu
  • SPEEDCHECK yang dikembangkan Internet speed Etrality
  • Tes Kecepatan Internet, Mengukur Kecepatan WiFi yang dikembangkan Antoine Kenyon
  • dan masih banyak lainnya.

Cara mengecek kecepatan internet dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut sangat mudah. Di semua aplikasi tersebut ada tombol “mulai” yang biasanya ada di tengah dan sangat mencolok. Hanya tinggal menekannya dan menunggu proses beberapa detik. Biasanya muncul angka menunjukan  kecepatan download maupun upload, serta ada pula keterangan mengenai Latensi atau Ping serta Jitter.

Memahami Istilah Pengecekan Kecepatan Internet

Meskipun sudah mengetahui cara mengecek kecepatan internet di situs maupun aplikasi tersebut bagi orang awam tidak paham apa arti istilah-istilah di dalamnya. Perlu kiranya kita membahas arti dari istilah-istilah tersebut.

  • Kecepatan download. Menunjukan tingkat kecepatan data dapat ditransfer ke perangkat kita. Implikasinya yang paling terasa adalah seberapa lama durasi yang dibutuhkan untuk mengunduh file-file yang ukurannya cukup besar, atau menampilkan halaman situs yang banyak memuat gambar. Satuan pengukurannya megabit per detik (Mbps)
  • Kecepatan upload. Menunjukan tingkat kecepatan data dapat ditransfer keluar dari perangkat yang digunakan. Implikasi yang kita rasakan terkait hal ini adalah berapa durasi yang dibutuhkan untuk memposting gambar di media sosial. Satuan pengukurannya megabit per detik (Mbps)
  • Ping & Latensi. Sebenarnya berbeda tetapi sering dianggap sama. Ping itu alat atau program yang digunakan dalam pengukuran respon server. Kalau Latensi merupakan istilah yang menunjukan satuan waktu dari reaksi koneksi internet tersebut. Apabila tingkat ping atau latensi terlalu besar kita sering menyebutnya lag, atau tampilan akan seolah macet atau tersendat. Ini sangat penting bagi aplikasi yang dijalankan secara langsung alias real-time, Seperti videocall, game online, dan lain-lain. Semakin cepat (kecil) angka, menunjukan semakin cepat, sehingga semakin baik. Satuan pengukurannya milidetik (ms)
  • Jitter atau juga disebut variasi penundaan paket. Ini menunjukkan variasi dari Ping di atas. Sensitifitas ping sering naik turun dalam sebuah jaringan. Variasinya disebut dengan Jitter. Semakin tinggi nilai jitter maka ping sangat tidak stabil dan ini biasanya sangat mengganggu dalam proses streaming ataupun game online yang membutuhkan koneksi yang stabil.

Membaca Ukuran dan Pengaruh Kecepatan

Setelah mengetahui istilahnya maka kita membutuhkan bagaimana cara membaca angkanya. Satuan besaran data yang lebih dikenal orang awam adalah byte, karena biasanya flashdisk atau harddisk menggunakan istilah ini. Perlu diketahui sebenarnya Megabyte dan Megabit itu satuan yang berbeda. Seperti antara inchi dan sentimeter.

Kesetaraan diantara keduanya adalah 1 Megabyte = 8 Megabit. Sehingga apabila sudah menjalankan cara mengecek kecepatan internet di atas didapati kecepatan download adalah 10 Megabit per sekon (Mbps), maka kecepatan downloadnya adalah dengan asumsi 1 Megabit per sekon (Mbps)= 1024 Kilobit per sekon (Kbps).

10 Mbps = 10240 Kbps/8 = 1280 Kilo Byte per sekon (KB/s)

Dengan kata lain kecepatan downloadnya sebesar 1280 KB/s atau sekitar 1 Mega Byte per sekon (MB/s).

Kecepatan internet sebenarnya juga sangat tergantung dari server tempat file yang di-download. Server tempat file dapat diatur pada kecepatan tertentu. Jadi meskipun semisal kecepatan yang dimiliki 10 Mbps tetapi apabila servernya membatasi hanya 500 Kbps maka maksimal kecepatannya hanya sesuai yang telah disetting server.

Seperti itulah cara mengecek kecepatan internet beserta cara-cara membaca keterangannya. Dengan informasi di atas menunjukan bahwa kecepatan internet sangat mudah untuk dicek dan tidak perlu risau kebingungan caranya. Hanya tinggal mengikuti langkah-langkah  di atas.

Avatar
Murid Google Berpartipasi dalam dunia tekno perlu akan ilmu dan pengentahuan yang luar, masih tetap dan trus belajar untuk hasil yang maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *