Tidak Perlu Bingung, Inilah 10 Cara Mengecek Tagihan BPJS

Tidak Perlu Bingung, Inilah 10 Cara Mengecek Tagihan BPJS

Bagi masyarakat Indonesia yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS, diharuskan membayar tepat waktu untuk menikmati layanan BPJS. Jika pembayaran dilakukan diluar tanggal jatuh tempo atau menunggak iuran, peserta akan dikenakan denda. Untuk menghindarinya, cobalah untuk mencari tahu cara mengecek tagihan BPJS membayarnya tepat waktu.

Mengecek maupun membayar tagihan BPJS dapat dilakukan dengan banyak cara. Pasalnya, pemerintah terus berkomitmen untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia mendapatkan akses asuransi kesehatan yang mudah dan murah. Dengan begitu, peserta BPJS akan dipermudah ketika ingin mengetahui jumlah tagihan maupun membayar iuran. Berikut adalah cara mengecek tagihan BPJS yang dapat dicoba:

Cara Mengecek Tagihan BPJS

1. Melalui Website Resmi BPJS

Cara mengecek tagihan BPJS yang pertama adalah melalui website resmi BPJS. Cobalah untuk mengakses website resminya, yaitu https://bpjs-kesehatan.go.id. Jika sudah membuka laman tersebut, pilih Cek Iuran BPJS Kesehatan yang ada di beranda website resmi BPJS.

Setelah itu akan tampil kolom pengisian dan isilah dengan nomor kartu BPJS, tanggal lahir, dan kode captcha. Jika sudah mengisi dengan benar, klik Cari. Rincian pembayaran akan muncul di layar, seperti jumlah tagihan, jatuh tempo tagihan, dan jumlah tanggungan.

2. Melalui SMS Gateway

Jika memiliki masalah dalam koneksi internet namun ingin mengecek tagihan BPJS, cobalah mengeceknya melalui SMS gateway. Cobalah akses nomor BPJS resmi berikut: 08777 5500 400. Kirimlah pesan sesuai format yang telah ditentukan, yaitu Tagihan (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan. Pastikan menulis format dengan benar agar bisa diakses.

Setelah mengirimkan pesan, tunggulah beberapa saat untuk mendapatkan balasannya. Balasan tersebut berupa SMS informasi berupa jumlah tagihan yang harus dibayar pada bulan tertentu. SMS gateway juga bisa memberitahukan jumlah denda yang harus dibayarkan peserta BPJS yang menunggak bayaran iuran bulanan.

3. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Cara mengecek tagihan BPJS selanjutnya yaitu melalui aplikasi mobile JKN. Aplikasi mobile JKN cocok bagi peserta BPJS yang menggunakan smartphone karena dapat mengunduhnya secara gratis. Bagi pengguna Android unduhlah melalui Google Play Store, sedangkan penguna iOS, dapat mengunduh aplikasi ini melalui App Store.

Setelah mengunduh aplikasi mobile JKN, buatlah akun dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika sudah melakukan registrasi, masuklah ke akun mobile JKN dengan memilih menu Tagihan dan klik Premi. Setelah itu, informasi mengenai tagihan BPJS akan tertera pada aplikasi mobile JKN.

4. Menghubungi Care Center BPJS

Tidak semua orang nyaman melakukan komunikasi melalui internet atau SMS. Dengan begitu, BPJS memfasilitasinya dengan membuka layanan Care Center khusus calon peserta maupun peserta BPJS dan buka 24 jam setiap harinya. Pastikan memiliki pulsa yang cukup karena menghubungi Care Center BPJS akan dikenakan tarif pulsa lokal.

Care Center BPJS dapat diakses melalui nomor telepon 1500 400. Cobalah menghubunginya dan tanyakan informasi mengenai tagihan BPJS yang harus dibayarkan. Tanyakan pula tanggal jatuh tempo pembayaran agar tidak terkena denda.

5. Melalui ATM

ATM dapat menjadi salah satu cara mengecek tagihan BPJS yang mudah. Pasalnya, ATM tersedia dimana-mana sehingga memudahkan pengguna BPJS yang ingin mengetahui informasi tagihan dan membayar tagihan. ATM yang berafiliasi dengan BPJS yaitu BRI, BTN, BNI, BCA, dan Bank Mandiri.

Tidak hanya lewat ATM, peserta BPJS yang juga menjadi pelanggan bank tersebut dapat melakukan pembayaran dan mengecek tagihan melalui mobile banking. Berikut adalah contoh cara mengecek tagihan BPJS jika menggunakan ATM Bank BRI.

Langkah pertama yaitu masukkan kartu BRI dan masukkan PIN ATM yang benar. Pilih Menu Transaksi Lainnya, klik Menu Pembayaran, pilih Menu Lainnya, dan kemudian, pilih Menu BPJS dan klik BPJS Kesehatan.

Untuk melakukan transaksi pembayaran BPJS, masukkan kode bank BRI. Kode tersebut adalah 88888 dan diikuti dengan 11 digit virtual account yang ada pada kartu BPJS. Selanjutnya, layar ATM akan menampilkan informasi peserta BPJS, yaitu nama peserta dan jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

6. Melalui Tokopedia

Jika di smatphone sudah memiliki aplikasi Tokopedia di dalamnya, cobalah untuk mencoba cara mengecek tagihan BPJS melalui aplikasi Tokopedia. Caranya sangat mudah yaitu cobalah membuka halaman Tokopedia BPJS Kesehatan. Peserta juga dapat melakukan pencarian di kolom Search dengan mengetik BPJS Kesehatan.

Masukkan nomor peserta BPJS yang tertera sesuai dengan kartu BPJS yang dimiliki. Pastikan nomor peserta yang dimasukkan tidak keliru dan setelah itu pengguna akan melihat berapa jumlah tagihan BPJS yang harus dibayarkan. Jika sudah mengetahui jumlahnya, peserta juga dapat langsung melakukan pembayaran menggunakan aplikasi ini.

7. Melalui Traveloka

Pengguna setia Traveloka juga mendapatkan hak khusus untuk dapat mengecek tagihan BPJS melalui Traveloka. Informasi tagihan BPJS tidak hanya dapat diakses melalui situs web Traveloka tetapi juga dapat melalui aplikasi Traveloka. Keduanya dapat digunakan untuk mengecek tagihan BPJS dan pilihlah yang paling mudah diakses.

Langkah pertama yaitu kunjungi situs web Traveloka atau buka aplikasi Traveloka. Jika menggunakan aplikasi Traveloka, pastikan mengunduh aplikasi Traveloka terbaru, yaitu 2.19 agar dapat menikmati fasilitas ini. Lakukanlah registrasi untuk membuat akun Traveloka terlebih dahulu.

Jika sudah, pilih menu Bill Payment dan klik BPJS Kesehatan. Masukkanlah nomor VA dan jumlah bulan yang ingin dicek. Setelah itu, peserta akan mengetahui berapa tagihan BPJS yang harus dibayarkan bulan ini. Mudah bukan?

8. Melalui Sepulsa

Aplikasi sepulsa merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk pengisian pulsa. Sepulsa kerap diminati karena memiliki banyak voucher diskon ketika mengisi pulsa melalui aplikasi ini. Kini, Sepulsa memiliki feature baru yaitu pengguna dapat mengecek dan membayar tagihan BPJS.

Pengguna dapat mengakses Sepulsa melalui situs web maupun aplikasi. Langkah pertama yang dilakukan jika ingin mengecek tagihan BPJS melalui situs web Sepulsa yaitu dengan mengunjungi https://www.sepulsa.com. Pilih menu Bayar Tagihan BPS dan masukkan Nomor BPJS Kesehatan dan Nomor Handphone yang aktif.

Sebelum membayar tagihan, pengguna akan mendapat informasi dahulu mengenai tagihan yang harus dibayarkan bulan ini. Setelah itu, pengguna langsung dapat melakukan pembayaran melalui Sepulsa.

9. Melalui Bukalapak

Bukalapak juga memfasilitasi peserta BPJS untuk dapat melakukan pengecekan maupun pembayaran. Caranya dapat ditempuh melalui situs web maupun aplikasi Bukalapak. Jika menggunakan situs web, pilihlah menu BPJS di beranda Bukalapak.

Isilah nomor VA keluarga dan jumlah bulan yang ingin dibayarkan. Jika sudah, Bukalapak akan menampilkan jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh peserta. Peserta juga dapat langsung membayarkan tagihan BPJS melalui situs web maupun aplikasi Bukalapak.

10. Cek Langsung ke Petugas BPJS Kesehatan

Jika lebih menyukai cara yang konvensional dan awam dengan internet, cobalah untuk mengecek tagihan langsung ke petugas BPJS Kesehatan. Pengguna dapat langsung pergi ke kantor BPJS, maupun mengunjungi counter BPJS di mal, yang dinamakan Mal Pelayanan Publik (MPP).

BPJS juga memiliki Mobile Customer Service (MCS) yang diletakkan di kota-kota tertentu, misalnya DKI Jakarta, Batam, Banyuwangi, Denpasar, dan Surabaya. Namun, jika ingin menggunakan cara ini, pastikan memiliki waktu yang banyak karena pengguna diharuskan untuk mengantri terlebih dahulu.

Itulah 10 cara mengecek tagihan BPJS yang dapat ditempuh. Cara tersebut tentunya sangat mudah dilakukan dan dapat dilakukan sewaktu-waktu, kecuali datang langsung ke kantor BPJS tentunya. Cobalah untuk melakukan pembayaran tepat waktu agar terhindar dari pembayaran denda ataupun kartu BPJS akan dibekukan.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *