Murid Google Berpartipasi dalam dunia tekno perlu akan ilmu dan pengentahuan yang luar, masih tetap dan trus belajar untuk hasil yang maksimal

Cara Mengecek Tagihan PLN Via Online Dan Offline Serta Via Ponsel

Cara Mengecek Tagihan PLN Via Online Dan Offline Serta Via Ponsel

Perusahaan Listrik Negara menyediakan listrik bagi para pelanggannya di seluruh Indonesia. Pelanggan bisa memilih jenis listrik prabayar ataupun pascabayar yang ditagih per bulan. Cara mengecek tagihan PLN sendiri tidaklah sulit. PLN sudah menyediakan layanan sms maupun website yang memiliki fitur cek tagihan PLN.

Selain itu ada aplikasi-aplikasi yang bisa diakses secara mobile yang memberikan layanan pembayaran tagihan listrik tanpa perlu ke kantor PLN. Tak hanya melalui aplikasi, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan misalnya membayar melalui ATM dan minimarket. Saat membayar tersebut tentunya akan tertera berapa tagihan listriknya.

Cara Mengecek Tagihan PLN Pascabayar Via Ponsel

Listrik pascabayar memiliki tagihan yang harus dibayarkan pelanggan setiap bulannya. Ada beragam cara yang dapat digunakan untuk mengecek berapa jumlah tagihan PLN per bulannya. Setiap pelanggan akan memiliki nomor ID yang berbeda-beda dan berisi informasi tagihan mereka. Berikut ini beberapa cara mengecek tagihan PLN pascabayar melalui ponsel:

1. Memanfaatkan Layanan SMS

Pelanggan bisa menggunakan layanan SMS untuk melakukan pengecekan tagihan listrik. Layanan ini tidak membutuhkan sambungan internet sehingga bisa dilakukan di ponsel biasa. Cara melakukannya yaitu dengan mengetikkan format SMS:  REK(spasi)nomor ID pelanggan. Setelah itu kirimkan pada nomor tujuan 8123.

Selain itu pelanggan juga bisa berlangganan SMS dari PLN. Jadi tidak perlu melakukan pengecekan secara manual, namun PLN yang akan secara rutin mengirim pemberitahuan. Caranya yaitu kirim SMS ke 8123 dengan format: PLN(spasi)ON(spasi)nomor ID pelanggan.

2. Menggunakan Layanan Telepon

Bagi yang ingin mendapatkan layanan melalui sambungan telepon maka bisa menghubungi nomor (kode area) 123. Setelah tersambung maka pelanggan bisa mengikuti instruksi selanjutnya dari operator.

Cara Mengecek Tagihan PLN Via Online

Mengikuti perkembangan era internet, PLN juga menawarkan layanan pengecekan serta pembayaran tagihan via online. Tak hanya langsung melalui PLN, namun ada layanan lain yang juga bekerja sama dengan PLN terkait tagihan listrik. Berikut ini cara mengetahui tagihan PLN via online :

1. Membuka Website

Saat ini ada beberapa website yang menawarkan fitur untuk melakukan pengecekan tagihan listrik pascabayar. Misalnya website Sepulsa dan Cekbill yang memiliki menu cek tagihan listrik PLN. Pelanggan bisa memanfaatkan menu tersebut, lalu memasukkan nomor ID pelanggan. Setelah mengikuti langkah-langkah yang diperlukan maka akan muncul nominal tagihan listrik.

2. Melihat Di Aplikasi PLN Mobile

Pada ponsel Android ataupun iOS, pelanggan bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile. Setelah melakukan pendaftaran dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan maka bisa memanfaatkan layanan pengecekan tagihan listrik. Di aplikasi tersebut terdapat menu informasi tagihan serta token listrik. Jadi ini dapat dimanfaatkan bagi pelanggan pascabayar ataupun prabayar.

3. Menggunakan Layanan Email PLN

Layanan email atau pos elektronik PLN juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tagihan listrik. Sebelumnya pelanggan perlu terdaftar pada layanan e-billing dari PLN. Guna menanyakan layanan tersebut, ada baiknya bertanya lebih dulu melalui email pln123@pln.co.id.

4. Melihat Di Aplikasi E-commerce

Saat ini aplikasi e-commerce atau mall online seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee memiliki layanan pembayaran tagihan listrik. Pelanggan bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengecek tagihan listrik per bulan sekaligus melakukan pembayaran via online.

5. Menggunakan Internet Banking

Pengecekan dan pembayaran tagihan listrik juga dapat dilakukan melalui internet banking. Bagi pelanggan yang memiliki rekening bank maka bisa mendaftarkan internet banking terlebih dahulu. Di aplikasi internet banking akan ada layanan untuk melakukan pembayaran tagihan listrik baik itu pascabayar atau prabayar. Pada layanan tersebut pelanggan dapat mengetahui jumlah tagihan listrik.

6. Melihat Di ATM

Di mesin ATM, pelanggan bisa melakukan pengecekan dengan memilih menu pembayaran lalu pilih Listrik/PLN. Selanjutnya pilih Listrik Pascabayar dan tulis 12 nomor ID Pelanggan. Selanjutnya terdapat informasi jumlah tagihan yang harus dibayar.

Cara Mengecek Tagihan PLN Via Offline

Tak sedikit masyarakat yang masih senang membayar listrik secara offline dengan datang ke kantor PLN ataupun melalui tempat lainnya. Berikut ini beberapa cara untuk mengecek tagihan PLN secara offline:

1. Datang Ke Kantor PLN

Pelanggan yang ingin memastikan tagihan listrik secara langsung bisa berkunjung ke kantor PLN terdekat. Di sana pelanggan dapat langsung ke loket yang tersedia dan menanyakan tentang jumlah tagihannya. Melakukan pengecekan dengan datang ke kantor PLN langsung memang membutuhkan waktu yang lebih banyak apalagi jika harus antre dengan pelanggan lain.

Selain kantor PLN, saat ini ada juga beberapa loket resmi untuk berbagai pembayaran tagihan. Jika di dekat rumah tersedia tempat resmi tersebut maka bisa dimanfaatkan.

2. Datang Ke Minimarket

Saat ini ada beberapa minimarket seperti Indomaret dan Alfamart yang menawarkan layanan pembayaran listrik. Pelanggan PLN bisa datang ke minimarket tersebut untuk melakukan pembayaran sekaligus pengecekan berapa jumlah tagihan listrik mereka.

Cara melakukannya yaitu bisa langsung antre di depan kasir. Setelah itu baru sampaikan kepada petugas bahwa ingin membayar tagihan PLN. Pelanggan perlu menyiapkan nomor ID pelanggan sehingga bisa langsung dilakukan pengecekan. Setelah penjaga melakukan pengecekan maka tagihan listrik tersebut akan tampil di monitor kasir. Petugas nantinya akan memberitahukan berapa jumlah tagihan yang perlu dibayar.

3. Mendatangi Kantor Pos

Selain sebagai tempat untuk mengirimkan surat dan barang, Kantor Pos saat ini juga menyediakan loket pembayaran berbagai tagihan termasuk listrik. Pelanggan hanya perlu menyiapkan nomor ID miliknya lalu menyerahkannya pada petugas loket. Selanjutnya petugas akan memberitahukan berapa jumlah tagihan PLN yang harus dibayarkan.

Cara Mengecek Tagihan PLN Prabayar

Selain sistem pascabayar, PLN saat ini juga menyediakan sistem prabayar. Tagihan PLN secara prabayar tidak dihitung secara per bulan karena ini tergantung dari penggunaan listrik para pelanggan. Jadi pelanggan bisa membeli token listrik terlebih dahulu dalam jumlah tertentu kemudian menggunakannya. Saat hampir habis maka, pelanggan bisa membeli lagi sesuai dengan kebutuhan.

PLN sendiri menyebut sistem ini sebagai listrik pintar karena pelanggan dianggap dapat mengendalikan pemakaian listrik. Pelanggan juga bisa memilih pembelian pulsa token listrik mulai dari Rp20.000,- sampai dengan Rp1.000.000,-. Pada sistem ini pelanggan juga tidak akan terkena biaya keterlambatan karena langsung bergantung dengan pembayaran awal.

Pelanggan PLN dengan sistem prabayar ini bisa melakukan pembelian pulsa token dengan berbagai cara, serupa dengan sistem pascabayar. Token atau voucher pulsa listrik pintar ini bisa didapatkan melalui ATM, internet banking, ataupun loket pembayaran listrik. Selain itu layanan e-commerce saat ini juga banyak yang menyediakan layanan pembayaran listrk.

Cara mengecek tagihan PLN prabayar ini sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri. Pelanggan perlu memeriksa kapan terakhir kali membeli token listrik dan berapa jumlahnya. Itu bisa ditulis dan dihitung berapa jumlah pembayaran token listrik dalam sebulan.

Pada website resmi PLN sendiri sudah disediakan simulasi tagihan listrik pelanggan pascabayar. Menu simulasi tersebut harus diisi sendiri oleh pelanggan dengan menuliskan angka pada stand meter. Jika membingungkan maka bisa menghitung secara manual dengan mengetahui besaran biaya admin, PPJ, biaya materai, nilai token, serta Kwh yang didapatkan.

Pilihan menggunakan sistem prabayar dan pascabayar sebenarnya terletak pada kebutuhan pelanggan. Namun PLN saat ini lebih menyarankan penggunaan listrik pintar atau sistem listrik prabayar sehingga pelanggan bisa mengatur pengeluarannya sendiri.

Dan untuk pembayaran prabayar dan pasca bayar tagihan PLN, anda juga bisa menggunakan Aplikasi BisaBayar yang dapat membantu anda disetiap waktu. Karena BisaBayar merupakan aplikasi multi payment yang menwarkan kemudahan dalam pembayaran dan pembelian pulsa, kuoata internet, token listrik /PLN, voucher game, PPOB dan lain sebagainya

Avatar
Murid Google Berpartipasi dalam dunia tekno perlu akan ilmu dan pengentahuan yang luar, masih tetap dan trus belajar untuk hasil yang maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *