Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

4 Cara Mengembalikan Data yang Terformat, di PC hingga di HP

4 Cara Mengembalikan Data yang Terformat, di PC hingga di HP

Kehilangan data memang membuat kesal, apalagi data tersebut merupakan data penting yang anda gunakan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk pekerjaan. Data yang disimpan di flashdisk, memory card atau harddisk dapat saja terhapus karena kesalahan teknis atau tak sengaja terhapus. Pertanyaan yang muncul, adalah bagaimana cara mengembalikan data yang terformat tersebut?

Jika data yang terhapus dari komputer, masi bisa dikembalikan karena akan masuk ke dalam file Recycle Bin terlebih dulu. Sedangkan jika file terhapus dari flashdisk, harddisk atau memory card, file yang terhapus langsung benar-benar terhapus dan membutuhkan software khusus untuk mengembalikan file tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengembalikan data yang terformat.

Cara Mengembalikan Data yang Terformat

Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Laptop

Pertama, mengembalikan data yang terformat di hard disk laptop, anda memerlukan software pihak ketiga untuk mengembalikan data yang terhapus tersebut. Salah satu software yang bisa dicoba adalah EaseUs Data Recovery Wizard free. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Download terlebih dulu aplikasi EaseUs Data Recovery Wizard
  • Pasang ke dalam komputer atau laptop anda.
  • Jalankan program.
  • Setelah terbuka aplikasi EaseUs Data Recovery Wizard, tentukan lokasi untuk mencari ke semua lokasi data yang dicari.
  • Ada 3 pilihan lokasi, yaitu hard disk drives, desktop dan Libraries. And ajuga bisa menambahkan falshdisk sebagai opsi tambahan lokasi pencarian
  • Selanjutnya proses scan akan dilakukan ke semua lokasi di atas.
  • Ada juga fitur deep scan yang bisa anda manfaatkan jika dirasa kurang. Deep scan adalah fitur yang memungkinkan proses pencarian hingga per sektor hard disk. Namun demikian waktunya akan memakan waktu lebih lama.
  • Jika file ditemukan, cek lebih dulu melalui fitur preview. Pilih tombol yang berada di pojok kanan bawah yaitu Recover. Centang file yang hendak dipulihkan.
  • Sebagai catatan, recovery data sebaiknya dilakukan secepat mungkin begitu file terhapus, karena beberapa file tidak bisa terselamatkan menggunakan aplikasi ini.

Cara Mengembalikan Data yang Terformat di HP

Cara lain mengembalikan data yang terformat juga bisa dari handphone. Khusus untuk mengembalikan file terhapus dari handphone bersistem operasi Android, anda memerlukan perangkat android anda di Root terlebih dulu. Cara ini bisa langsung mengembalikan file data ke memori penyimpanan internal HP anda. Sebagai contoh, ada tiga aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan data yaitu:

  1. Undeleter Recover File Data
  2. Pertama-tama, download aplikasinya di Google Play Store secara gratis
  3. Install aplikasi dan jalankan program
  4. Pastikan lagi perangkat android anda sudah di root. Aplikasi akan meminta ijin akses root, sebelum melakukan restore file, ijinkan akses tersebut.
  5. Kemudian pilih menu Restore file atau restore data.
  6. Pilih lokasi drive mana yang akan discan untuk mencari file yang hilang atau tehapus tersebut.
  7. Terdapat dua pilihan antara Journal Scan atau Deep Scan. Pilih Deep Scan untuk pencarian lebih detil ke segala lokasi penyimpanan di handphone anda.
  8. Tunggu beberapa saat sampai scan selesai.
  9. Setelah selesai, file yang ingin kita kembalikan ketemu.
  10. Untuk mengembalikan file, klik Restore Item
  11. Data yang terhapus telah kembali ke penyimpanan.
  12. Disk Digger Undelete
  13. Aplikasi kedua yang bisa dicoba bernama Disk Digger Undelete
  14. Pertama, download terlebih dulu di Google Plays Store.
  15. Pasang dan Jalankan aplikasi di handphone anda.
  16. Setelah masuk ke halaman aplikasi, pilih drive memori internal atau eksternal yang akan discan untuk mencari data yang akan dipulihkan.
  17. Pilih format file yang akan dikembalikan, bisa dalam bentuk JPG,MP4, MP3 dan lain sebagainya sesuai kebutuhan, klik OK.
  18. Proses scanning pun dimulai.
  19. Tunggu hingga selesai, file yang terhapus akhirnya ketemu
  20. Kemudian kembalikan file (restore file) ke penyimpanan, pilih menu Save Local
  21. File yang terhapus telah kembali ke penyimpanan smartphone anda.

Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Flashdisk

Setelah pembahasan mengembalikan data dari HP dan laptop, berikut adalah cara mengembalikan data yang terformat dari Flashdisk. Sama halnya dengan dua cara di atas, cara ini juga mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk membantu untuk merestore data anda yang hilang. Catatan, cara ini dilakukan pada PC atau laptop: Aplikasi yang kita gunakan bernama Recuva.

  • Pertama, download aplikasi Recuva
  • Install terlebih dulu Recuva pada PC atau laptop anda.
  • Buka aplikasi Recuva, pilih Next
  • Selanjutnya akan muncul tab baru yang menampilkan berbeagai jenis recovery yang tersedia. Pilih All Files jika ingin mengembalikan semua file.
  • Pilih lokasi pencarian. Karena kita ingin mencari di flashdisk, maka pilih “in a specific location”
  • Browse, arahkan ke direktori flashdisk.
  • Klik next, dan tunggu proses scan hingga selesai.
  • Setelah muncul file yang dicari, recovery file tersebut, pilih tempat di mana akan meletakkan file tersebut.
  • Selesai

Catatan: Aplikasi Recuva juga bisa digunakan untuk mengembalikan data terformat di SD card. Namun demikian, SD card tidak perlu dihubungkan dari hp ke PC, melainkan dicopot dan disambungkan melalui card reader. Hal ini dilakukan agar mempercepat proses pengembalian data ke penyimpanan PC atau laptop.

Cara Mengembalikan Data yang Terformat dengan Hiren Boot

Cara mengembalikan data yang terformat terakhir bisa juga menggunakan Hiren Boot. Hiren Boot adalah sebuah boot CD yang digunakan untuk memperbaiki kinerja PC di mana di dalamnya terdapat banyak software, seperti antivirus, tools recovery, backup, service dan lain-lain. Kali ini kita akan membahas cara mengembalikan data melalui Hiren Boot, berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan DVD Hiren Boot atau lakukan mount Hiren Boot
  • Buka Hiren Boot CD yang berbentuk folder, pada HBCDmenu.
  • Buka program yang ada di dalamnya, pilih Recovery, lalu Recuva
  • Setelah masuk ke Recuva, tekan tombol next.
  • Pilihlah jenis file yang akan dikembalikan (restore). Anda bisa memilih gambar, lagu, video, musik atau dokumen.
  • Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi terakhir file yang telah dihapus saat terakhir kali tersimpan, sebelum terhapus dan menghilang.
  • Jika sudah, aktifkan “Enable Deep Scan” untuk proses pencarian lebih dalam lagi. Namun demikian, proses ini memakan waktu yang cukup lama, karena scan akan dilakukan di semua ruang kosong di perangkat PC anda.
  • Proses pencarian file pun berlangsung, Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Setekah selesai, anda akan ditampilkan file-file terhapud yang sudah ditemukan. Informasi detil soal jenis file, terkahir kali memodifikasinya dan letak file juga ditampilkan.
  • Pilih file-file yang akan dikembalikan (restore). Caranya adalah mencentangnya.
  • Setelah itu, klik kanan, pilih Recover Checked/Recover Highlighted.
  • Data anda akan kembali ke penyimpanan di pc atau laptop anda.

Memang memilukan ketika data, file yang kita punya tiba-tiba terformat tanpa sebab ataupun disengaja, mudah-mudahan dengan tips cara mengembalikan data yang terformat ini bisa mengembalikan seperti semua data yang hilang

Avatar
Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *