cara daftar grab bike

Ingin Jadi Driver Grab Bike? Simak Cara Daftar Grab Bike Berikut Ini

Posted on

Saat ini tak sulit mencari pekerjaan sampingan. Kalau punya motor dan banyak waktu luang, cobalah mendaftar ke Grab. Sebagai salah satu penyedia jasa transportasi online, Grab juga melayani antar barang, pesan antar makanan, dan lainnya. Tertarik untuk bergabung di dalamnya? Artikel ini akan membahas cara daftar Grab Bike, baik secara online maupun offline.

Sebelumnya perlu tahu dulu apa sih itu Grab Bike? Layaknya ojek pangkalan, tugas utama mereka adalah menjemput dan mengantar penumpang ke tujuannya. Namun penumpang ini melakukan pemesanan lewat aplikasi online. Seiring dengan perkembangan bisnis Grab, para rider (ojek Grab) kini bisa melayani food delivery dan shipping barang. Berikut beberapa cara yang bisa dipilih untuk bergabung dengan Grab:

Langsung Datang Ke Kantor Grab

Cara daftar Grab Bike yang pertama adalah secara offline. Bisa datang langsung ke kantor Grab terdekat. Kantor perwakilannya saat ini sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah:

1. Cek Lokasi dan Jam Pelayanan

Ini bisa diakses melalui website Grab di www.grab.com. Di sana ada informasi mengenai lokasi kantor perwakilan di beberapa kota beserta jam pelayanannya. Biasanya layanan kantor Grab buka dari Senin-Jum’at, mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

2. Siapkan Persyaratan Berkas

Sebelum datang ke kantor, sebaiknya beberapa dokumen sudah disiapkan. Jadi datang ke sana tinggal menyerahkan berkas. Dokumen yang harus dibawa adalah KTP, kartu keluarga, STNK, SIM C, dan SKCK. Bawa dalam bentuk asli dan fotocopy masing-masing satu lembar jika diperlukan.

3. Isi Formulir Pendaftaran

Formulir ini bisa didapatkan melalui website Grab. Namun petugas Grab pun akan tetap membantu apabila tidak sempat mengunduh formulir tersebut.

4. Siapkan Biaya Proses Aktivasi

Untuk mengaktifkan aplikasi Grab Bike dibutuhkan biaya Rp 100.000. Dana ini akan menjadi deposit pada dompet aplikasi Grab Bike pengemudi.

5. Miliki Memori HP Yang Cukup

Saat pendaftaran, nantinya akan diminta untuk meng-install aplikasi Grab khusus pengemudi. Pastikan memori HP tidak penuh supaya proses install dan aktivasi berjalan dengan lancar.

Daftar Online Lewat Website Grab

Jika tak ingin mengantri, bisa mencoba cara daftar Grab Bike online. Cara ini bisa diakses melalui website resmi Grab yaitu https://www.grab.com/id/. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Website Grab

Sebelum mengakses website Grab, pastikan koneksi internet baik supaya proses pendaftaran berjalan lancar. Akan lebih baik jika dilakukan di laptop karena harus menginput beberapa dokumen.

2. Isi Formulir Secara Online

Setelah masuk ke website Grab, cari tulisan “Bergabung dengan Grab”. Klik kotak tersebut dan pilih “Bike & Express Driver”. Akan muncul formulir “Daftar Sekarang!”. Isilah seluruh data yang diminta pada masing-masing kotak. Data yang diberikan harus asli dan tidak boleh direkayasa.

3. Masukan Kode Konfirmasi

Setelah meng-klik “Daftar Sekarang”, tunggu beberapa saat maka akan masuk kode OTP ke nomor yang didaftarkan. Kode ini akan diterima melalui SMS. Masukkan 4 angka pada SMS tersebut supaya bisa login.

4. Melengkapi Data Diri

Bagian ini merupakan lanjutan dari tahap sebelumnya. Calon pengemudi akan diminta untuk melengkapi data diri. Ingat, selalu berikan informasi yang sebenarnya. Jangan merekayasa identitas diri.

5. Melampirkan Berkas Pribadi

Seperti cara daftar Grab Bike offline di atas, pastikan dokumen pribadi sudah siap dalam bentuk file. Jika belum, scan seluruh berkas agar bisa diunggah. Lampirkan seluruh berkas yang diminta oleh pihak Grab. Apabila proses sudah selesai, klik “Kirim”.

6. Pantau E-mail

Selesai sudah proses pendaftaran secara online. Pihak Grab nantinya akan mengonfirmasi panggilan seleksi melalui e-mail. Jangan lupa untuk mengecek terus kotak masuk e-mail. Perlu juga mengecek bagian spam / junk khawatirnya e-mail konfirmasi masuk ke sana.

Mudah bukan cara daftar Grab Bike di atas? Berdasarkan pengalaman beberapa orang, mereka mendapatkan hasil yang lumayan dari Grab Bike. Hal ini dikarenakan adanya bonus jika mampu mencapai target perjalanan yang ditentukan. Ada yang akhirnya sanggup membiayai sekolah anak hingga membayar beberapa cicilan.

Selain itu, bergabung dengan Grab Bike pun tidak terikat dengan jam kerja seperti pegawai kantoran. Kalau sedang luang, tinggal nyalakan aplikasi untuk menerima orderan. Sedangkan jika sedang ada yang dikerjakan, aplikasi pun bisa dinon-aktifkan sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *