Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

Tips Memilih Kamera Video untuk Youtuber

Tips Memilih Kamera Video untuk Youtuber

SantriGoole.com – Youtube yang menjadi salah satu platfom Video online dan streaming terbesar di dunia memberikan peluang bagi setiap penggunanya untuk mendapatkan penghaslian darinya, oleh karenanya perlu memiliki kamera video yang sangat cocok bagi para calon youtuber pemula yang ingin go profesional.

Berikut adalah tips-tips memilih kamera video untuk youtuber.

Video Resolution

Ini menjadi penting dalam memilih sebuah kamera video yang benar-benar berkualitas, video resolution menjadi poin penting akan kualitas video yang dihasilkan dari kamera tersebut.

Tidak mungkin di saat ini masih menggunakan kamera video dengan kualitas resolusinya dibawah HD, setidaknya sudah memiliki pengaturan HD atau bahkan 4K.

Berikut adalah gambaran dari kualitas resolusi kamera video yang Santri Google kutip dari PlazaKamera.com

360p
Ini merupakan resolusi standar pada video. Dan kebanyakan dari video YouTube ditampilkan menggunakan resolusi ini. Bahkan kebanyakan dari perangkat mobile menggunakan resolusi 360p, sebab perangkat mobile atau HP jarang yang mempunyai kualitas pixel atau memori untuk mendukung video HD.

480p
Resolusi ini biasa dikenal dengan sebutan “kualitas DVD”. Sebuah video 480p akan cukup menampilkan kualitas gambar yang lumayan untuk di laptop dan desktop monitor. Dan walaupun belum HD, namun pada resolusi ini sudah cukup baik jika dilihat pada TV flatscreen.

720p
High-definition dimulai pada 720p. Ini adalah resolusi gambar di mana sebagian besar saluran televisi HD digunakan. HD 720p ini menunjukkan kualitas video yang renyah dan tajam.

1080p
Istilah 1080p merupakan istilah singkat untuk HDTV High-Definition Video. Berdasarkan pengertiannya, Full HD 1080p mempunyai aspek rasio 16:9 wides screen. Itu artinya video ditampilkan dalam resolusi 1920 x 1080p.

4K
4K merupakan kamera dengan resolusi Ultra HD dengan kualitas cinema. Ini merupakan sebuah generasi barus setelah HDTV. 4K berarti 4000 pixel ukuran layar width atau horizontal.

4K sendiri merupakan sebuah gambaran yang menampilkan 8 juta piksel aktif, dengan batas resolusi minimal lebih rendah pada 3840×2160 . Ada beberapa jenis 4K, mulai dari resolusi 3840 x 2160; 4096 x 3112 , tapi resolusi 3840 x 2160 adalah jumlah paling konsisten yang banyak dilihat dan menjadi resolusi paling standar dari produk UHD / 4K HDTV dan monitor.

Image Sensor

Pada umumnya image sensor yang dipakai adalah CMOS, tapi ternyata ada juga jenis sensor yang lampau yakni CCD.

Antara CCD atau CMOS mempunyai hasil foto yang sama baiknya. Perbedaannya hanya terletak pada teknologinya saja. Baik itu sensor CCD (Charge-Coupled Device) maupun CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor) keduanya mempunyai fungsi mengubah cahaya menjadi elektron.

Karena proses pembuatannya berbeda, maka juga terdapat perbedaan mendasar pada kedua jenis sensor ini. Misalnya seperti sensor CCD lebih banyak digunakan pada kamera yang fokus gambar yang high-quality dengan pixel besar dan sensitivitas yang baik. Sedangkan pada sensor CMOS lebih memiliki kualitas yang rendah, karena resolusi dan sensitivitas cahaya lebih rendah.

Dan kebanyakan kamera digital saat ini banyak yang menggunakan sensor CMOS. Hal ini dikarenakan biaya produksi yang lebih murah. Meskipun begitu, sensor CMOS ini sudah semakin baik dari segi kualitas hasil gambar. Jadi, ini tergantung Anda mau lebih memilih sensor yang mana.

Zoom Lens

Tanpa lensa apa daya sebuah kamera, terlebih bagi kamera video yang membutuhkan lensa yang sesuai dengan angel-angel yang akan diambil nantinya.

Dengan adanya optical zoom pada lensa maka akan memberikan hasil gambar yang sangat bagus, semakin besar zoomnya maka semakin baik gambar yang akan didapati nantinya.

Dan ini bukanlah digital zoom yang membuat gambar semakin dekat, melainkan membuat pixel gambar bertambah besar dan jelas.

Image Stabilization

Bagi yang belum terbiasa menggunakan kamera dalam mode manual, mungkin fitur ini sangat berguna lebih tepatnya menggunakan kamera dengan mode auto.

Stabilizer sendiri berfungsi untuk mengurangi reskio gambar atau video yang blur (buram), karena disebabkan oleh getaran tangan yang membawa beban dari kamera tersebut.

Nah mungkin itu saja sih dari beberapa Tips Memilih Kamera Video untuk Youtuber bagi anda yang benar-benar ingin menjadi Youtuber atau berkeinginan membuka jasa video wedding dan semisalnya.

Semoga membantu dan sukses selalu sobat Santri Google

Avatar
Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *