Cara Mengatasi Laptop Lemot

Laptop Terasa Berat? Simak Cara Mengatasi Laptop Lemot Yang Mudah

Posted on

Keberadaan PC ataupun laptop sudah tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Di era teknologi sekarang ini, laptop menjadi sarana penting dalam penunjang pekerjaan seseorang. Tak heran baik dari pelajar maupun pekerja kantoran, laptop menjadi peralatan yang harus dimiliki. Namun bagaimana ketika laptop mulai lemot dan mulai bekerja lambat? Tentunya hal tersebut menjadikan pekerjaan kita tersendat. Nah, berikut beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Kebanyakan aplikasi pada laptop akan membebani kinerja dari laptop itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan drive dari laptop itu sendiri menjadi penuh dan harus bekerja ekstra ketika menghidupkan laptop. Tidak hanya itu, ketika sebuah drive terlalu banyak aplikasi akan menjadikan semakin lama dalam membaca data yang ada. Untuk itu pastikan menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai atau bahkan jarang dipakai.

2. Menggunakan Aplikasi Sesuai Dengan Memory

Beberapa aplikasi tentunya dibuat dengan syarat atau spesifikasi tertentu. Hal itu menjadi hal yang terbilang penting untuk diperhatikan sebelum menginstal sebuah aplikasi pada laptop. Ketika anda menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada, tentunya laptop memaksa untuk menjalankan aplikasi tersebut. Hal itu menjadikan laptop akan terasa lemot atau bahkan mudah rusak.

3. Rutin Dalam Melakukan Scanning

Baik laptop maupun komputer menjadi sebuah perangkat elektronik yang sangat mudah terserang virus. Hal ini menjadi perhatian penting bagi user untuk selalu melakukan penscannan terhadap virus. Proses scanning tersebut bisa menggunakan beberapa software antivirus baik berbayar maupun gratis. Ketika sebuah laptop terserang virus, tentunya laptop tersebut akan terasa sangat lemot. Tidak hanya itu, terkadang virus juga mampu menjadikan file-file hilang bahkan yang terparah bisa menjadikan laptop mati.

4. Menambah RAM Yang Ada

Menambah RAM pada laptop menjadi cara yang terbilang jitu untuk mengatasi laptop lemot. Ketika terdapat kapasitas yang lebih besar, hal itu akan menjadikan proses membaca data lebih cepat oleh processor. Tentunya dari hal tersebut akan menjadikan laptop terasa lebih cepat dan tidak lemot. Namun yang juga perlu menjadi perhatian yaitu pastikan untuk menyesuaikan kapasitas RAM dengan laptop yang dimilikinya.

5. Menutup Beberapa Program Startup

Terkadang ketika kita menyalakan laptop, beberapa program akan berjalan secara bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang berjalan saat startup, tentunya kinerja yang dihasilkan dari laptop akan semakin lambat. untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menutup beberapa program startup yang sekiranya tidak penting. Anda bisa menutup program tersebut di task manager.

6. Menggunakan Software Pembantu

Ketika laptop terasa sangat lambat, untuk alternatif caranya bisa dengan menggunakan bantuan dari sebuah software. Keberadaan software tersebut bertujuan untuk mempercepat kinerja dari sebuah laptop yang dirasa lemot. Software pendukung tersebut seperti halnya Advance System Care, CCleaner, maupun yang lainnya. Dengan menjalankan software tersebut tentunya kinerja laptop akan terasa lebih ringan.

7. Menggunakan Sistem Operasi Ringan

Cara mengatasi laptop lemot lainnya yaitu dengan menggunakan sistem operasi yang ringan. Ketika spesifikasi laptop yang dimiliki terbilang pas-pasan tentunya dalam melakukan kinerja akan terasa berat ketika jika menggunakan sistem operasi yang lebih tinggi. Meskipun sistem operasi seperti windows lebih modern dan memiliki banyak fitur, namun pertimbangan menggunakan sistem Linux seperti Endless Os juga bisa menjadi pilihan lain ketika laptop terasa lemot.

8. Melakukan Install Ulang

Ketika laptop dirasa memang kadar kelemotannya sangat parah. Alangkah lebih baik untuk melakukan instal ulang windows yang ada. Hal ini bisa karena sistem dari windows itu sendiri yang sudah rusak atau error. Hal itu tentunya menjadikan kinerja dari windows tersebut tidak maksimal. Oleh karena itu, melakukan install ulang terbilang menjadi langkah yang tepat.

9. Mengganti Hard Disk

Laptop yang lemot bisa juga karena hard disk lambat dalam melakukan proses kecepatan data ke processor. Ketika hal tersebut terjadi, anda bisa melakukan penggantian hard disk ke SSD. Hal itu tentunya bisa mempercepat kecepatan data pada processor dari hard disk.

Beberapa cara mengatasi laptop lemot tersebut tentunya terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Karena kinerja laptop akan menjadi pendukung dalam melakukan setiap pekerjaan, pastikan laptop selalu berjalan dengan normal. Pastikan juga menyesuaikan spesifikasi yang dimiliki dari laptop itu sendiri agar tidak mengganggu dari kinerja laptop.

cara mengatasi laptop lemot, cara mengatasi laptop lemot windows 10, cara mengatasi laptop lemot windows 7, cara mengatasi laptop yang lemot, cara mengatasi laptop lemot windows 8, mengatasi laptop lemot windows 10, mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang, mengatasi laptop yang lemot, cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang, cara mengatasi laptop lemot pada saat dinyalakan, cara mengatasi laptop lemot pada windows 8, cara mengatasi hardisk laptop lemot, cara mengatasi laptop lemot saat browsing, cara mengatasi laptop lemot saat online, mengatasi laptop lemot saat internetan, mengatasi laptop yang lemot windows 7, cara mengatasi laptop lambat loading windows 7, cara mengatasi laptop lemot karena internet, cara mengatasi laptop lemot pada windows 7 ultimate, cara mengatasi laptop lemot saat internet, cara mengatasi laptop lemot tanpa aplikasi, mengatasi facebook lemot di laptop,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *