Murid Google Berpartipasi dalam dunia tekno perlu akan ilmu dan pengentahuan yang luar, masih tetap dan trus belajar untuk hasil yang maksimal

Cara Menggabungkan File PDF dengan Mudah

5 min read

Cara Menggabungkan File PDF dengan Mudah

Penggunaan PDF sangat umum dipakai oleh bermacam instansi baik keperluan akademis maupun perkantoran. File PDF dinilai aman karena akan bebas dari risiko berubahnya format ketika dibuka pada komputer berbeda. Adanya keamanan dan kemudahan yang ditawarkan PDF, menjadikan banyak instansi yang mensyaratkan dokumen dengan format file PDF. Terkadang beberapa instansi mewajibkan seseorang untuk mengirim beberapa dokumen dalam satu file PDF. Maka dari itu, penting  untuk memahami cara menggabungkan file PDF tersebut.

Pengertian dan Awal Mula File PDF

Sebenarnya apa yang disebut file PDF? Dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993, PDF (Portable Document Format) adalah jenis berkas yang diperuntukkan pertukaran dokumen digital. Meski awalnya digunakan untuk pertukaran dokumen digital, saat ini PDF juga banyak dipakai untuk presentasi yang mengandung gambar, grafik, link maupun teks.

Fungsi File PDF

Berkas yang berekstensi PDF memiliki fungsi untuk membuat dan menyimpan maupun bertukar dokumen yang berisi bermacam jenis media seperti teks, gambar, grafik, hingga link. File PDF ini merupakan dokumen dengan format khusus yang fleksibel dapat dibuka pada komputer manapun.

Keutamaan File PDF

File dengan ekstensi PDF memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan format lainnya. Sebagaimana namanya, file PDF bersifat portable yang berarti fleksibel dapat dibuka di perangkat mana saja tanpa mengubah tata letak dokumen. Selain itu, file PDF memiliki fitur lock. Fitur tersebut memungkinkan untuk mengunci dokumen penting dengan memasangkan password pada file tersebut. Hal tersebut tentu menjadi nilai tambah keamanan bagi file PDF.

Berkas berformat PDF juga bisa dibuka di sistem operasi komputer mana saja tanpa mengubah susunan dokumennya. Meski file PDF dijamin tidak mengubah tatanan dokumen, konten dalam  berkas berformat PDF tetap bisa diedit dengan menggunakan software PDF Reader. Tidak hanya itu, bisa juga menggabungkan file PDF menjadi satu dokumen.

Cara Menggabungkan File PDF dalam Satu Dokumen

Menggabungkan file PDF dapat dilakukan dengan cara online maupun offline. Apabila tidak suka mengunduh software atau aplikasi dalam perangkat, dapat menggunakan fasilitas penggabung online. Sedangkan jika terdapat keperluan yang intens untuk penggabungan dokumen, maka sebaiknya memiliki software untuk keperluan cara menggabungkan file PDF ini.

Menggabungkan File PDF dengan Adobe Acrobat

Software keluaran adobe ini memang dipergunakan untuk keperluan mengedit file PDF. Hal ini juga termasuk menggabungkan dokumen-dokumen PDF ke dalam satu file. Cara menggabungkan file PDF menggunakan Adobe Acrobat yaitu terlebih dahulu menginstal Adobe Acrobat pada perangkat. Kemudian jika sudah terinstal, buka Adobe Acrobat dan klik tombol create.

Pada menu di create, klik combine files into single PDF. Akan muncul pop up menampilkan tombol browse, klik tombol itu. Dengan mengeklik browse, artinya diarahkan untuk memilih file mana saja yang akan digabungkan dalam satu PDF kemudian klik OK. Dokumen terpilih akan muncul di kotak putih yang terletak di sebelah kanan. Silahkan urutkan dokumen sesuai kebutuhan. Jika telah selesai, klik combine files dan Ok. Jangan lupa untuk menyimpan dokumen yang telah disatukan dengan mengklik save as dan beri nama file sesuai kebutuhan.  

Menggunakan Nitro PDF

Software ini dirancang untuk membuat dan mengedit dokumen PDF. Nitro PDF memang berbayar, tetapi dapat tetap digunakan dengan gratis selama masa trial 14 hari. Cara menggabungkan file PDF dengan Nitro PDF yaitu, instal terlebih dahulu software ini  di perangkat. Setelah terinstal, buka aplikasinya dan pilih dokumen-dokumen yang akan  digabungkan dalam satu PDF dengan menekan tombol shift dan klik kiri. Pastikan semua dokumen tersebut dipindah dalam satu folder agar memudahkan untuk dicari

Kemudian, masuklah kembali ke Nitro PDF. Bukalah folder yang tadi berisi dokumen-dokumen untuk digabungkan dalam satu PDF. Tahap selanjutnya yaitu mengklik combine files in Nitro PDF. Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, rapikan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang akan digabungkan. Sortirlah sesuai dengan urutan yang diperlukan. Selanjutnya klik make PDF files. Unt uk mendapatkan kualitas terbaik, gunakan opsi print ready. Jangan lupa klik save PDF to agar file gabungan anda tersimpan dan terakhir klik create.

Menggunakan WPS Office

Aplikasi WPS ini tersedia di perangkat smartphone. WPS Office dapat diunduh di playstore secara gratis. Ini tentu menjadi cara menggabungkan PDF yang mudah dan praktis karena bisa diakses dari smartphone. Untuk menggunakannya, pertama harus menginstal WPS Office di smartphone. Kemudian, pilih menu PDF dan klik edit. Di sana akan ada banyak opsi. Jika  ingin menggabungkan PDF dalam satu file, klik PDF merge. Kemudian pilih dokumen-dokumen yang akan disatukan. Jika telah selesai, jangan lupa simpan file PDF hasil gabungan dokumen tersebut.

Menggunakan PDF Utils

Menggabungkan file PDF menggunakan PDF Utils juga merupakan hal yang mudah dan murah. Aplikasi ini bisa didapatkan melalui playstore sehingga kompatibel dengan smartphone. Selain gratis, menariknya aplikasi ini adalah bebas iklan. Tidak perlu terganggu dengan iklan saat menggunakan aplikasi ini. Cara menggabungkan file PDF menggunakan PDF Utils yaitu, masuk ke menu PDF Utils lalu klik Merge. Kemudian, pilih dokumen-dokumen yang hendak digabungkan.   Setelah itu, file PDF gabungan sudah siap untuk digunakan.

Menggunakan Aplikasi PDF Tool

Aplikasi ini sama seperti WPS Office dan  PDF Utils, yakni berbasis smartphone. PDF Tool bisa diunduh di playstore secara gratis. Cara menggabungkan file PDF dengan menggunakan aplikasi PDF Tool pun terbilang cukup mudah. Sama seperti PDF Utils, untuk opsi menggabungkan pilih tombol merge. Selanjutnya pilih file yang akan disatukan dalam format PDF. Kemudian simpan file gabungan tersebut.

Membuka Situs Smallpdf.com

Ini adalah cara menggabungkan file PDF secara online. Pertama-tama, buka browser  dan isikan smallpdf.com kotak link. Setelah sampai pada web smallpdf.com,  dapat ditemukan beberapa menu untuk modifikasi PDF.

Jika  ingin menggabungkan file PDF, maka pilih opsi Merge PDF. Kemudian  akan diarahkan untuk memilih file yang akan digabungkan. Setelah file-file tersebut terpilih, tunggu beberapa saat agar file terunggah dan diproses untuk digabungkan. Kemudian, setelah selesai digabungkan, ada arahan untuk mengunduh hasil gabungan file PDF tersebut. Web ini gratis dan cukup mudah digunakan. Fitur modifikasi PDF yang tersedia juga lengkap.

Membuka Situs Ilovepdf.com

Sama seperti smallpdf.com, ilovepdf.com merupakan media modifikasi pdf berbasis online. Fitur-fitur yang tersedia dalam ilovepdf juga dapat diakses secara gratis. Cukup menuliskan ilovepdf.com pada kotak link di browser. Kemudian jika telah berada di web ilovepdf.com, akan muncul beberapa opsi untuk fitur file PDF.

Cara menggabungkan file PDF pada ilove pdf.com yaitu, anda klik merge pdf pada tab yang tersedia. Kemudian klik select PDF file, pilih dokumen yang akan digabungkan. Dapat juga memilih file yang tersimpan pada drive google. Klik logo drive yang terletak di sebelah kanan dekat tombol select files.  Setelah selesai,  file hasil gabungan tersebut bisa diunduh pada perangkat.

Menggabungkan file PDF bukan perkara yang sulit. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Seperti itulah cara menggabungkan file PDF baik dari software komputer, aplikasi smartphone, maupun melalui online. Pilihlah cara mana saja sesuai dengan kebutuhan.

Murid Google Berpartipasi dalam dunia tekno perlu akan ilmu dan pengentahuan yang luar, masih tetap dan trus belajar untuk hasil yang maksimal