Cara Menghapus Registrasi Kartu SIM Yang Wajib Dipahami

Cara Menghapus Registrasi Kartu SIM Yang Wajib Dipahami

Terhitung sejak tahun kemarin sudah mulai diberlakukan peraturan registrasi kartu SIM. Hal tersebut tentunya menuai banyak pertanyaan masyarakat, apakah tidak ribet? Kalo kartu sudah tidak terpakai, cara menghapus registrasi kartu sulit tidak? Tentu saja jawabannya tidak. Semua info yang dibutuhkan sudah mulai diberitakan baik melalui media sosial ataupun media massa.

Lalu pasti muncul kembali pertanyaan, wajibkah meregistrasi kartu SIM? Jawabannya iya, karena jika tidak kartu akan otomatis diblokir. Semua data yang digunakan untuk registrasi sudah pasti terlindungi karenanya lebih baik meregistrasi kartu sendiri dari pada dikonter karena rentan pencurian data untuk meregistrasi kartu SIM orang lain.

Alasan Menghapus Registrasi Kartu SIM

Ada beberapa masalah yang akan terjadi jika kartu yang sudah diregistrasi namun sudah tidak dipakai, untuk itu haruslah mencari cara menghapus registrasi kartu. Dimana dengan mengetahui alasan menghapus registrasi kartu SIM tentu akan mampu menghindari masalah kedepannya. Berikut alasan menghapus registrasi kartu SIM yang wajib diketahui:

  • Kartu sudah tidak terpakai. Jika kartu SIM yang sudah diregistrasi sudah tidak terpakai haruslah langsung dihapus registrasinya. Sehingga tidak akan menghabiskan jumlah maksimal kartu SIM perorang yaitu 3 kartu SIM. Selain itu sebelum membuang kartu yang tidak terpakai haruslah dihapus dulu registrasinya sehingga kartu tidak akan di salah gunakan seseorang.
  • Ingin menggunakan kartu baru. Alasan berikutnya untuk menghapus registrasi kartu adalah karena ingin menggunakan kartu baru. Ada dua cara yang dapat dilakukan jika ingin menggunakan kartu baru namun sudah mencapai batas maksimum kartu. Yaitu dengan mendatangi counter server kartu masing-masing, selain itu harus dengan menghapus registrasi kartu.

Cara Menghapus Registrasi Kartu (Unreg)

Tentunya dalam membuat suatu peraturan, pemerintah tidak akan menyulitkan masyarakat serta memberi jawaban bahkan sebelum pertanyaan sempat diajukan. Salah satunya adalah cara menghapus registrasi kartu SIM yang sudah mulai disebar informasinya. Dimana menghapus registrasi kartu SIM tentunya berbeda-beda sesuai dengan kartu prabayar yang digunakan. Berikut cara yang wajib dipahami:

1. Kartu Smartfren

Untuk pengguna kartu smarfren yang haruslah diketahui bahwa cara menghapus registrasi kartu smartfren tidaklah sulit. Ada dua cara yang dapat dicoba, yang pertama adalah dengan mengunjungi laman website smartfren yaitu mysf.id/unreg, langkah selanjutnya hanya perlu memasukan nomor NIK.

Cara menghapus registrasi berikutnya adalah dengan mengirimkan SMS kepada contact center 4444. Format pesannya adalah UNREG#NIK#kirim ke 4444, bisa diambil contoh seperti ini UNREG#4525531234567910# kirim ke 4444. Setelah selesai, semua layanan baik sms, telpon dan data akan terblokir dalam waktu 24 jam.

2. Kartu Telkomsel

Pada SIM telkomsel tidaklah jauh berbeda dengan kartu smartfren. Lakukanlah dengan cara mengetik kode pada telepon, yaitu USSD*444# setelah itu pilih Dial lalu akan muncul pilihan Unreg, tinggal pilih unreg. Akan ada pemberitahuan setelah itu dan kartu akan secara otomatis telah dihapus registrasinya dan tidak bisa dipergunakan.

3. Kartu Axis Atau XL

Sama dengan kartu smartfren, pada kartu axis dan xl ada dua cara yang dapat dicoba. Pertama yaitu dengan mengirim kode seperti kartu telkomsel, yaitu USSD*123*4444# lalu pilih dial dan akan ada pilihan Unreg seperti sebelumnya.

Untuk cara unreg yang kedua adalah dengan mengirim pesan pada 4444 dengan format UNREG#NoHp dan akan langsung ada sms balasan yang berisi pemberitahuan jika penghapusan registrasi telah berhasil.

4. Kartu Indosat Ooredoo

Selanjutnya kartu indosat cara menghapus registrasi kartu SIM nya tidaklah ribet dan tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Hanya perlu mengirim pesan kepada 4444 dengan format UNPAIR#NoHp#kirim ke 4444. Mudah sekali bukan menghapus registrasinya.

5. Kartu Tri (3)

Terakhir yaitu kartu tri, dimana untuk menghapus registrasi kartu cukuplah mudah. Hanya dengan mengunjungi laman web Hutchison Tri yaitu https://registrasi.tri.co.id lalu akan ada pilihan unreg dan hanya perlu mengkliknya saja. Jika semua cara yang dijelaskan tidak berhasil, datangilah gallery kartu prabayar masing-masing dengan membawa identitas diri yang resmi atau menghubungi layanan contact center 4444.

Itulah alasan dan cara menghapus registrasi kartu SIM yang wajib dipahami. Dengan menjalankan peraturan yang dibuat pemerintah tentunya berarti ikut pula membantu dalam melindungi data negara. Serta mampu mengurangi tindak kejahatan yang terjadi, tentunya keuntungannya akan jelas dapat dirasakan sendiri.

Avatar