Mengenal Gejala Asam Urat
doc.google

Cara Hemat Mengobati Asam Urat

Posted on

Mengenal Gejala Asam Urat

Encok atau kerap disebut juga asam urat merupakan peradangan yang terjadi pada bagian sendi tubuh. Bagian tubuh yang terganggu biasanya pada sendi di lutut kaki, pergelangan kaki dan tangan, telapak kaki, siku, bahkan tulang elakang. Umumnya, penderita asam urat ini akan merasakan sakit dan rasa nyeri pada bagian persendiannya. Selain itu disertai pula dengan munculnya tanda kemerahan serta bengkak pada bagian yang terasa sakit.

Gaya Hidup Tak Sehat Picu Asam Urat

Penyebab penyakit asam urat yakni karena kebiasaan sehari – hari atau gaya hidup yang kurang sehat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan jarang beraktivitas menjadi pemicu utama asam urat. Jika anda mempunyai pola hidup tersebut, tentu wajar jika asam urat dapat menyerang secara tiba-tiba. Lantas, bagaimana cara mengobati asam urat dengan tepat namun tetap hemat dan aman di kantong? Berikut ulasannya.

Cara Tradisional Mengobati Asam Urat

Mengobati asam urat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara alami atau tradisional. Cara ini dipercaya masih efektif dan aman di kantong. Dengan memanfaatkan beragam jenis buah – buahan ini, anda dapat mengatasi asam urat secara tepat

  1. Mengobati Asam Urat dengan Buah Ceri

Buah ceri mengadung allopurinol yang berfungsi untuk menekan kadar asam urat dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi buah ceri sebanyak 15-20 butir atau jus ceri dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada sendi.

  1. Mengobati Asam Urat dengan Cuka Apel

Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalam cuka apel dinilai efektif menekan rasa nyeri pada penderita asam urat. Cukup dengan 1 sendok makan cuka apel, madu, dan air hangat setiap pagi dapat meredakan gejala bahkan mengobati asam urat.

  1. Mengobati Asam Urat dengan Buah Pisang

Kandungan potassium yang terdapat didalamnya dinilai efektif mengubah kristal asam urat menjadi cair sehingga dengan mudah  bisa keluar dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, dengan rutin mengonsumsi dua buah pisang per hari mampu mengobati penyakit asam urat secara perlahan.

  1. Mengobati Asam Urat denganJahe

Senyawa anti inflamasi yang terkandung didalamnya mampu mengurangi pembengkakan pada sendi dan mengobati peradangan yang disebabkan asam urat. Untuk penyembuhan, jahe dapat diolah sebagai air rebusan dan meminumnya setiap pagi hari.

Cara Mengobati Asam Urat di Kaki

Rasa sakit di bagian sendi kaki yang dipicu oleh asam urat seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana cara untuk mengobati asam urat di kaki? terdapat beberapa cara yang dapat ditempuh, yaitu:

  1. Batasi minuman alkohol dan makanan dengan kadar gula tinggi.
  2. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi
  3. Rajin berolahraga dan beraktivitas secara rutin
Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

Ternyata, asam urat juga bisa disembuhkan tanpa obat lho! Kok bisa? Tentunya bisa. Maka, kebiasaan berikut ini secara tidak langsung bisa mengobati asam urat tanpa obat kimia sekalipun:

  1. Minum banyak air putih setidaknya 8-10 gelas setiap hari
  2. Rutin mengonsumsi vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat
  3. Batasi makanan yang banyak mengandung purin, umumnya makanan ini berasal dari protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing, ayam, otak dan jeroan.
  4. Lakukan diet sehat dan rutin berolahraga.
Inilah Obat Asam Urat yang Beredar di Pasaran

Selain cara tradisional, pengobatan modern pun nyatanya juga ikut andil dan bersaing memproduksi obat untuk menyembuhkan asam urat. Berikut nama obat asam urat yang dapat dengan mudah anda temukan di apotek:

  1. Obat non-steroid anti peradangan (NSAID)
  2. Colchinie (Colcrys, Mitigare)
  3. Kortikosteroid (Meticorten, Sterapred, Sterapred DS)
  4. Probenecid (Benemid)
  5. Allupurinol
  6. Febuxostat (Uloric)
  7. Pegloticase (Krytexxa)

Sekalipun anda membeli obat asam urat di apotek, pastikan tetap menggunakan resep dokter. Hal ini untuk mengantisipasi kesalahan konsumsi obat yang berakibat fatal.

Sejatinya, menjaga kesehatan sebelum mengobati adalah pesan bijak yang penerapannya harus terus dilakukan. Karena, jika penyakit sudah datang maka tidak hanya kerugian secara materil saja yang muncul. Sehingga, menjaga kesehatan ini sangatlah penting. Terlebih, asam urat yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, menjadikan gaya hidup sehat sebagai tujuan adalah sebuah kewajiban yang bernilai mutlak. Maka, ayo mulai dari sekarang biasakan hidup sehat secara benar dan teratur. Salam sehat!

Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *