Penyebab Hp Cepat Panas

5 Masalah Sederhana Penyebab Hp Cepat Panas

Posted on

Handphone menjadi salah satu kebutuhan primer di kalangan masyarakat saat ini, gaya hidup yang hedonis bahkan sampai rela tidak makan hanya untuk membeli kuota internet. Tapi taukah penyebab hp cepat panas? Semua berawal dari kebiasaan  terburuk sehari-hari.

Meski demikian, banyak dari pengguna ponsel cerdas  yang tidak paham betul mengapa baterai cepat rusak, blank, bahkan error. Maka, berikut akan di paparkan penyebab hp cepat panas.

1. Main Game Terlalu Lama

Bagi penikmat game PUBG, ML mungkin sudah tahu tentang hal ini, tapi karena keasyikan memainkan permainan favoritnya jadi amnesia begitu aja.  Padahal kebiasaan buruk ini harus dihindari, tujuannya agar hp awet dan suhu tetap terjaga.

Faktor inilah yang menjadi penyebab hp cepat panas, karena membuat perangkat GPU bekerja dua kali lipat dari biasanya.

Ideal yang tepat untuk bermain game adalah sekitar 1 sampai 2 jam, jangan sampai melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Hal ini juga bertujuan agar baterai tidak cepat rusak

2. Menggunakan Aplikasi Streaming Secara Berlebihan

Selain bermain game yang menjadi penyebab hp cepat panas, streaming melebihi 2 jam juga termasuk salah satu faktornya. Karena streaming harus dengan koneksi internet cepat dan daya yang begitu besar.

Apalagi  sekarang ditambah aplikasi streaming yang menyediakan film terbaru tentunya dengan kualitas HD, menggunakan sound jernih dan jaringan 5G yang menambah menonton film kesayangan.

Jika ingin handphone kesayangan bertahan lama, maka ubahlah kebiasaan buruk yang menyebabkan hp cepat panas, salah satunya dengan menggunakan manajemen waktu dan kebiasaan baik.

3. Update Aplikasi Dan Perangkat Lunak

Penyebab hp cepat panas selanjutnya adalah terlalu sering menginstal aplikasi maupun perangkat lunak dimana membutuhkan tata ruang besar, dan virus berlebih. Secepatnya hindarilah kebiasaan ini, dan teliti sebelum mendownlaod.

Bagaimana jika sudah terlanjur menginstal? Rajinlah mengecek dan update  perangkat lunak, karena seringkali pemakaian bug yang ada di aplikasi sudah dipakai developer, dan meninggalkan virus di handphone.

Selain rajin update perangkat lunak, pengguna ponsel juga wajib melakukan pengecekan pada aplikasi yang kiranya tidak terlalu dipakai dan menggunakan daya baterai terlalu tinggi.

4. Kualitas Baterai Buruk

Usia handphone juga menjadi salah satu penyebab hp cepat panas, hal ini dikarenakan kualitas baterai yang semakin menurun termakan waktu. Jika masih menggunakan tipe hp lama biasanya baterai bisa dilepas dan bisa membelinya lagi.

Sebaliknya, handphone keluaran tipe baru seringkali menggunakan baterai tanam dimana tidak dapat dilepas maupun diganti tetapi tenang saja biasanya keluaran tipe baru performa baterai semakin tahan lama.

Untuk menjaga baterai memiliki daya tahan tinggi bisa melakukan hal-hal yang kecil terlebih dahulu, seperti halnya manusia yang butuh istirahat handphone juga sama tak ada bedanya, maka kurangilah  bermain game, istirahatkan perangkat ponsel.

5. Menggunakan Handphone Pada Saat Di Charge

Kebiasaan buruk selanjutnya menggunakan handphone sedang di charge, mungkin kebanyakan orang ini adalah suatu hal yang wajar dan lumrah. Tetapi pada kenyataannya itu semua  sangat melenceng, hal ini menjadi penyebab hp cepat panas dan tentunya cepat rusak.

Tipe orang yang tidak sabar akan keras kepala dan tetap melakukannya meski sudah tahu dampak dari kebiasaan buruk tersebut. Tuntutan deadline, revisian, kerja menumpuk menjadi pemicu menggunakan hp saat di charge karena ingin pekerjaannya cepat selesai.

Keadaan inilah yang menyebabkan perangkat handphone seperti baterai dan CPU mengeluarkan suhu yang cepat panas sekaligus memperlambat kerja sistem hp. Jika tidak menginginkan itu terjadi maka berhentilah menggunakan hp saat di charge.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *