Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University Sebagai anak yang terlahir di pedesaan seperti kami namun jelang pendidikan berada diluar pula Kalimantan, tak asing bagi kami mendengar sebutan UNTAN ( Universitas Tanjungpura) sebuah Universitas terkenal di Kalimantan Barat. Universitas yang didirikan pada tanggal 20 mei 1959 ini memberikan warna tersendiri bagi dunia pendidikan terkhusus bagi para siswa lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

Mungkin bagi sebagian kami yang tinggal di pedesaan, adalah bisa masuk dan belajar di UNTAN adalah impian yang amat besar, melihat bagaiaman tingginya persaingan untuk bisa masuk di Universitas yang terkenal ini.

Tidak hanya memiliki nama besar, namun UNTAN mampu memberikan pelayanan dan pendidikan yang tinggi kepada semua peserta didiknya. Dengan memberikan fasilitas pendidikan yang sangat-sangat mencukupi dan bisa dikatakan terbaik serta kurikulum yang tidak jauh berbeda dengan peguruan tinggi yang setingkatnya.

Terlebih lagi di era modern ini, UNTAN pun tak kalah cepatnya dengan universitas lainnya dalam hal teknologi guna menunjang pendidikan baik dari sisi administarsi, pembelajaran dan pengajaran diberikan dengan teknologi yang terbaik dari buah karya mahasiswa-mahasiswa dan dosen UNTAN itu sendiri.

Sebagai satu dari sekian universitas di Kalimantan Barat, UNTAN sadar akan perkembangan teknologi yang amat begitu cepat. Jadi wajar saja jika UNTAN telah menyiapkan dan membangun sebuah ekosistem digital guna menuju cyber university.

Berbicara Cyber University dalam sebuah lingkup dunia pendidikan juga sudah tidak asing lagi, terlebih dalam lingkungan perguruan tinggi. Setelah ramai dibicarakan akan era revolusi industri 4.0, hampir semua lini pendidikan mulai berlomba-lomba guna mengikuti era industri 4.0 ini terkhusus bagi perguruan tinggi yang memang memiliki tujuan untuk bisa mencetak generasi yang modern dengan teknologi.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Apa Itu Cyber University ?

Cyber University adalah pendidikan dengan teknologi canggih, yaitu sebuah pembelajaran yang disediakan dengan program online dimana antara dosen dan mahasiswa hanya bertatap layar monitor bukan bertatap muka lagi.

Nah, Cyber University itu sendiri merupakan upaya universitas untuk meningkatkan mutu pendidikan dari segi teknologi atau bersifat online bukan offline atau klasik. Bahkan tidak hanya dalam hal sistem belajar namun semua yang terkait dalam lingkup kampus akan bersifat teknologi semisal administrasi, pelayanan, kurikulum, fasilitas dan sarana prasana yang dikembangan dalam bentuk teknologi.

Dengan adanya Cyber University diharapkan juga mampu memberikan dampak yang positif dalam dunia pendidikan baik secara person mahasiswa itu sendiri dan bagi piham lembaga pendidikan khususnya universitas.

Lantas bagaimana UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University ?, berikut penjelasannya !

Bagaimana UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa UNTAN menjadi salah satu dari Universitas yang ada di KalBar pastilah sudah meracang rencana-rencana guna menghadapi era digital industri 4.0 ini.

Pelayanan

Dari sisi pelayanan UNTAN sudah mulai membangun ekosistem digital dengan adanya pendaftaran mahasiswa baru secara online. Dan ada 4 cara untuk bisa mendaftar di UNTAN seaca online, antara lain :

– Pendaftaran Jalur Mandiri UNTAN via www.untan.ac.id
– Pendaftaran Jalur SNMPTN UNTAN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) via www.snmptn.ac.id
– Pendaftaran Jalur SBMPTN UNTAN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) via www.sbmptn.ac.id
– Pendaftaran Bea Siswa Bidik Misi UNTAN via www.bidikmisi.belmawa.risetdikti.go.id

Semua jalur pendaftaran ini menggunakan sistem online yang sudah diterapkan oleh UNTAN dalam membangun ekosistem digital. Selain itu juga UNTAN juga menyediakan semua infromasi di lama web resmi yang bisa anda kunjungi di http://www.untan.ac.id .

Dan secara adminintrasi pembayaran dan pemilihan jadwal kelas atau studi juga sudah dilakukan secara teknologi ataupun online, dengan tujuan agar semua tersusun rapi dan mudah untuk dicari sewaktu-waktu.

Pendidikan

Untuk pendidikan, baik di dalam kelas atauapun diluar kelas sudah diberlakukan pembelajaran secara moderen. Jarang sekali ditemukan media pembelajaran di papan tulis, sekarang sudah menggunakan proyektor/ infokus sebuah tampilan yang dihasilkan dari cahaya yang tersambung dari perangkat keras berupa laptopa ataupun Hp.

Sehingga saat dosen memberikan materi hanya cukup membuka laptop dan menyalakan proyektor dan menjelaskan apa yang telah ditampikan. Dan begitu pula bagi mahasiswa yang ingin persentasi, tidak perlu repot-repot lagi menyalin tulisannya di papan tulis karena sudah ditampilan pula di proyektor.

Dan saat ini UNTAN juga telah menyediakan layanan pembelajaran berbasis online yang bisa diikuti oleh setiap mahasiswa dimana pun mereka berada, asal terhubung dengan jaringan internet. Yaitu berupa e-learning yang bisa anda kunjungi di laman reseminya http://e-learning.untan.ac.id. Sebagaimana yang dikatakan oleh Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si
“ E-Learning Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan portal pembelajaran secara daring untuk civitas akademika UNTAN yang digunakan sebagai komplemen (pelengkap) dari sistem pembelajaran konvensional di kelas. Diharapkan dengan adanya portal pembelajaran daring, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien serta mengakselerasi terbentuknya ekosistem digital untuk menuju UNTAN Cyber University”

Akademik

Program Diploma Universitas Tanjungpura
FAKULTASPROGRAM STUDI
PERTANIANBudidaya Tanaman Perkebunan
Administrasi Perkantoran
ILMU SOSIAL
DAN POLITIK
Pekerjaan Sosial
Kearsipan
Kesekretariatan
ILMU KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
Perpustakaan
Program Sarjana Universitas Tanjungpura
FAKULTASPROGRAM STUDI
HUKUMIlmu Hukum
EKONOMI DAN BISNISAkuntansi
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Manajemen
Ekonomi Islam
PERTANIANAgribisnis
Agronomi
Agroteknologi
Manajemen Sumberdaya Perairan
Ilmu Peternakan
Ilmu dan Teknologi Pangan
Ilmu Tanah
ILMU SOSIAL
DAN POLITIK
Ilmu Administrasi Negara
Ilmu Pemerintahan
Ilmu Hubungan Internasional
Antropologi Sosial
Sosiologi
Ilmu Politik
Ilmu Komunikasi
Ilmu Sosiatri
TEKNIKTeknik Arsitektur
Teknik Elektro
Teknik Industri
Teknik Informatika
Teknik Lingkungan
Teknik Kelautan
Teknik Kimia
Teknik Mesin
Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota
Teknik Pertambangan
Teknik Sipi
KEHUTANANKehutanan
ILMU KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Bahasa Mandarin
Pendidikan Bimbingan Dan Konseling
Pendidikan Biologi
Pendidikan Ekonomi
Pendidikan Fisika
P A U D
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan Jasmani Kes & Rekreasi
Pendidikan Kimia
Pendidikan Matematika
Pendidikan Seni Tari Dan Musik
Pendidikan Sosiologi
Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Pendidikan Sejarah
Pendidikan Geografi
Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Pendidikan IPS
MIPABiologi
Fisika
Geofisika
Ilmu Kelautan
Kimia
Matematika
Sistem Komputer
Statistik
Sistem Informasi
KEDOKTERAN Farmasi
Pendidikan Dokter
Ilmu Keperawatan

Dengan adanya Cyber University ini diharapkan kedepannya UNTAN mampu menjadi pilihan yang terbaik untuk para calon mahasiswa-mahasiswa di setiap tahunnya. Dan kami doakan UNTAN selalu berkembang dan maju dalam dunia pendidikan dan teknologi.

Terima Kasih UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Sumber :
https://www.untan.ac.id/
www.pendaftaran.net.2016/10/cara-pendaftaran-untan.htl
http://e-learning.untan.ac.id/

Avatar
Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

2 Replies to “UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *