Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

Yuk, Makan 5 Ikan Laut Berikut Agar Tidak Ditenggelamkan!

Yuk, Makan 5 Ikan Laut Berikut Agar Tidak Ditenggelamkan!

Santri Google – Kamu sukan Ikan Laut ? Anda pasti masih ingat kan dengan slogan yang selalu diucapkan oleh Ibu Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan? Ya, ia kerap menggaungkan kalimat, “Yang tidak makan ikan, saya tenggelamkan”. Kalimat ini memang bertujuan agar masyarakat Indonesia yang notabene hidup di negara kepulauan, mau mengonsumsi ikan.

Ikan sendiri terbagi menjadi dua, ikan air tawar dan ikan air laut. Ikan air tawar memiliki ciri yaitu tulangnya lebih halus dan kecil. Aromanya juga berbeda, karena seperti berbau lumpur. Sedangkan pada ikan laut, tulangnya lebih besar dan aromanya lebih amis. Kedua jenis ikan ini sama-sama mengandung nutrisinya masing-masing. Namun, ikan laut memang lebih banyak nutrisinya.

Meski ikan laut bernutrisi tinggi, tapi tidak semua aman dikonsumsi, lho. Banyak juga ikan beracun atau ikan yang dilindungi karena jumlahnya semakin sedikit. Nah, di bawah ini, ada beberapa varian ikan yang aman dikonsumsi, baik karena nutrisinya maupun dari jumlahnya yang melimpah. Apa saja ikan tersebut? Simak daftar di bawah berikut.

5 Ikan Laut Aman dan Sehat Dikonsumsi

Tenggiri

Anda pasti familiar kan dengan Scomberomorus commerson alias ikan tenggiri? Ikan yang biasa ditemukan di Pulau Seribu terletak di Jakarta ini seringkali menjadi bahan baku olahan masakan Indonesia. Misalnya seperti siomay, pempek, otak-otak, hingga kerupuk. Ikan berdaging tebal ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, seperti aneka vitamin dan mineral penting.

Kakap

Ikan yang memiliki daging tebal dan lembut ini kerap ditemukan di terumbu karang. Tak hanya di laut saja, kakap juga hidup di teluk, muara sungai, dan perairan payau. Di Indonesia, ikan kakap tersebar hampir di semua perairan, mulai dari Sumatera hingga Arafuru. Normalnya, ikan ini berukuran sekitar 25 cm hingga 100 cm. Tetapi ada pula ikan kakap yang berukuran hingga 200 cm.

Tongkol

Ikan yang umum dikonsumsi masyarakat ialah ikan tongkol. Hal ini disebabkan karena tongkol hidup di hampir seluruh perairan Indonesia dan Indo-Pasifik. Jadi wajar saja jika di semua daerah mengonsumsi ikan ini. Saking jumlahnya yang banyak, para penjual ikan memasarkan tongkol tidak hanya dalam keadaan segar saja, tetapi juga dibuat ikan asin kering.

Belanak

Ikan belanak biasa ditemukan di perairan Raja Ampat terletak di Papua. Ikan ini merupakan jenis ikan yang terdapat di laut tropis serta subtropis. Kadar protein dalam ikan belanak cukup tinggi, berbanding terbalik dengan kadar lemaknya yang rendah. Maka, ikan ini cocok untuk mereka yang sedang diet dan membentuk otot karena kadar proteinnya yang cukup baik.

Kerapu

Cephalopholis bunack atau biasa dikenal dengan ikan kerapu ini termasuk ke dalam ikan karang. Jenisnya sendiri cukup beragam, mulai dari kerapu lumpur, kerapu karang, dan kerapu bebek. Dari segi nutrisi, ikan ini memiliki segudang mineral dan lemak sehat yang baik bagi kesehatan.

Yuk, makan ikan untuk kesehatan kita semua!

Editor : Santri Nulis

0
Santri Google Santri Google situs Celoteh Santri di dunia Internet, menceritakan seputar apa yang ada dan sering dicari di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published.